Google Reader + Feedly = Sempurna

Google Reader + Feedly = Sempurna

Jika Anda adalah pengguna Google Reader di Firefox, menginstall Feedly adalah langkah logis yang seharusnya Anda lakukan. Google Reader memang memiliki keunggulan tersendiri dengan sidebar dan reading panenya yang simple dan fokus pada konten. Akan tetapi, Google Reader masih memiliki kekurangan.

Multiple View

Untuk memenuhi kebutuhan membaca 10-20 langganan feed, antarmuka Google Reader masih efektif untuk dipakai. Walaupun pada akhirnya ada kemungkinan anda akan selalu mengutamakan beberapa feed tertentu dan akhirnya mengabaikan yang lain. Semakin banyak langganan feed Anda maka semakin susah pula Anda mengatur dan mengefektifkan kegiatan membaca Anda. Karena tidak mungkin untuk membaca semua langganan untuk menemukan artikel-artikel yang menarik, maka ada kemungkinan bagi Anda untuk melewatkan artikel-artikel menarik akibat mengabaikan beberapa feed langganan.

Feedly memberikan beberapa fasilitas untuk melakukan scanning atau skimming secara cepat atas feed langganan Anda. Tak perlu lagi harus melihat masing-masing feed untuk mencari hal-hal yang ingin atau seharusnya Anda baca. Feedly menyediakan beberapa macam birdview, antara lain: magazine-like. Feed akan dikelompokkan sesuari preferensi Anda, dan akan ditampilkan secara multi kolom seperti majalah atau koran sehingga anda bisa melihat garis besar apa saja yang ada dalam daftar baca Anda dalam masing masing kategori. Dengan demikian dengan sekali scroll, Anda akan dapat membuat prioritas dinamis harian mengenai kategori atau feed mana yang harus anda baca hari ini. Selain magazine view juga tersedia river view, what’s new, wall, serta tampilan per kategori dan per feed (seperti halnya di Google Reader)

Wisdom of Crowd

Tidak hanya unggul dalam hal tampilan, Feedly juga memanfaatkan dan mempromosikan wisdom of crowd secara intensif. Tampilan teratas dari antar muka per kategori dan what’s new dari Feedly selalu menampilkan artikel-artikel yang direkomendasikan oleh pengguna Feedly yang lain.

Anda bisa berbagi anotasi (bagian menarik) dari konten feed dengan sesama pengguna, selain menyimpan item favorit via “save for later” atau ke del.icio.us. Anda juga bisa mendistribusikan item menarik via Twitter dan Friendfeed. Semua ini difasilitasi dengan semacam toolbar yang diletakkan di atas tiap detil item feed. Komentar pun bisa dilihat secara langsung, bagi beberapa feed yang disupport, bahkan “likes” dan komentar dari Friendfeed sekalipun.

Daftar pelanggan dari suatu feed juga ditampilkan dalam bentuk ranking. Disediakan pula tombol yang bisa dipakai untuk berlangganan shared item dari masing orang-orang tersebut. Ini berarti Anda bisa memperkaya daftar baca Anda dari sumber-sumber yang Anda percayai. Fitur ini seperti memberikan fasilitas pada Anda unutk membentuk dewan rekomendasi daftar bacaan bagi Anda. Semua bisa dipilih langsung bak pemilu untuk menentukan presiden atau wakil rakyat.

Tak berhenti di fitur recommend people, Feedly juga memberikan list daftar feed baru yang mempunyai relasi dengan bacaan Anda. Ini bisa jadi alat menarik untuk menelusuri sumber-sumber bacaan baru yang bisa saja jauh lebih menarik dari bacaan Anda saat ini atau yang bisa menyempurnakan daftar bacaan Anda. Sekarang Anda tak perlu takut menjadi katak dalam tempurung karena setiap saat Anda bisa menambahkan sumber bacaan baru unutk memperkaya wawasan Anda.

Penutup

Jadi, apakah ada akan menjadi Feedly sebagai halaman default Firefox Anda, seperti halnya saya?

Comments are closed.