3 Kunci Utama Memanfaatkan Microblogging Tools

3 Kunci Utama Memanfaatkan Microblogging Tools

Ada banyak sekali social networking site serta layanan microblogging saat ini. Masing-masing layanan memiliki segmen penggunanya masing-masing. Ada yang cocok dengan Jaiku tapi tidak berhasil memakai Pownce. Ada yang merasa mendapat tempat di Plurk dan meninggalkan Twitter atau sebaliknya.

Tentu saja, ada banyak pandangan tentang penggunaan alat-alat microblogging ini. Bagi sekelompok orang, bisa jadi alat-alat ini adalah alat bersenang-senang untuk menghilangkan stress. Ada yang menggunakannya sebagai sarana mencari teman-teman baru atau mempererat jaringan pertemanan yang sudah ada. Ada yang menjadikannya sebagai testing ground, menebar “kontroversi”, melihat reaksi massa, memasang ”jebakan betmen”, survei, polling, dan berbagai agenda lain.

The point is, how we use it is what matter. Value tidak sepenuhnya diturunkan langsung dari produk akan tetapi juga ditentukan dari interaksi produk dengan penggunanya. Sepeda di toko hanya kan bernilai sebuah benda mekanik, akan tetapi jika sepeda dipakai oleh seseorang maka sepeda akan menjadi alat transportasi. Daun yang berserakan di halaman hanya akan membuat kotor, tapi jika diolah menjadi kompos bisa menunjang produksi pangan.

Jadi, pertanyaannya adalah bagaimana sebenarnya kita bisa benar-benar memanfaatkannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bsia saya tangkap dari FreSh #2 yang kebetulan membahas Narsisme 2.0.

  1. Temukan peer/massa yang tepat. Ini termasuk temukan alat microblogging yang tepat. Di tiap microblogging site, akan ada pengguna-pengguna yang punya karakteristik yang mirip namun berbeda antar situs. Peer ini juga mungkin tidak akan bisa ditemui dengan sempurna. Ada kalanya kita hanya menemukan cikal bakal dari peer yang ideal, yang berarti memerlukan usaha dari kita untuk membangunnya menjadi peer yang benar-benar kita inginkan.
  2. Noise will be there,moderation and guding is needed. Akana da banyak derau,itu pasti karena tidak tidak ingin memaksa atau tidak akan bisa memaksa peer kita untuk bertingkah seperti yang kita inginkan. Moderasi dan pengarahan bisa dipakai untuk “mengendalikan” peer untuk memenuhi keinginan kita, secara baik-baik dan implisit.
  3. Pour some love, have a faith. Tidak semuanya bisa didapatkan dengan instan. Anda harus berusaha, dan Anda harus punya keteguhan serta keyakinan. Kabarnya, untuk melakukan riset/survey, seorang researcher harus bertanya bolak-balik dengan cara yang bermacam-macam demi mendapatkan jawaban yang sejati.

Penutup

Saya jadi ingat cerita tentang nyamuk oleh seseorang di waktu dulu. Tidak ada satu pun yang diciptakan buat manusia yang tidak bermanfaat bagi manusia. Bahkan seekor nyamuk pun akhirnya bisa memunculkan industri obat nyamuk. Yang akhirnya bisa menghidupi dan menggerakkan ekonomi manusia yang bekerja di sektor membasmi nyamuk. Adalah selalu bagaimana Anda memandang dan menyikapi sesuatu. Jangan berharap sesuatu akan bekerja secara otomatis dan memberi manfaat pada Anda.

Credit: FreSh community (can’t wait to see you again people!)

PS:

Anda bisa berjaringan dengan kami di Plurk lewat ID neofreko dan TurboDuck. Jangan lupa berkenalan sebagai pembaca navinot supaya kami tidak bingung ya 🙂

Photo by Hil

Comments are closed.