Gratisan Yang Menggigit

Gratisan Yang Menggigit

Kampanye promosi dengan mengandalkan unsur gratisan, baik berupa barang atau layanan, tentunya bukanlah hal yang baru. Di dunia internet pun sering kita jumpai hal2 tersebut, seperti e-book gratis, atau layanan situs gratis (Freemium – meskipun ada versi berbayar dari situs yang sama).

Apakah dengan mencantumkan label ‘Gratis’, kampanye promosi anda dijamin sukses? Berikut beberapa pengamatan saya untuk melakukan promosi gratis yang sukses:

Bebas Berinteraksi Dengan Prasyarat Minimal
Pengguna seharusnya bisa memulai aktifitasnya dengan prasyarat yang minimal. Selama ini proses registrasi merupakan satu2nya hambatan utama, meskipun terkesan sederhana, namun masih banyak layanan online yang masih ribet dengan proses pendaftaran.

Cukup Untuk Dirasakan
Meskipun bersifat gratisan, pastikan pengguna cukup merasakan manfaat layanan yang sebenarnya. Entah itu tips2 yang bisa dipraktekan langsung, atau layanan yang bisa dirasakan langsung manfaatnya.

Bersifat Terbuka
Yang dimaksud terbuka adalah kebebasan untuk menikmati layanan tanpa proses pendaftaran, bila memang tidak diperlukan.

Pertimbangkan Branding
Hotmail melakukannya di setiap footer email, atau URL di kaos yang anda terima. Branding perlu dipertimbangkan, dan masih merupakan hak anda untuk mencantumkan nama bisnis anda di produk/layanan gatis tersebut.

Berkesan: Sekarang & Selamanya
Pastikan barang yang diberikan mempunyai kesan yang berkepanjangan, bukan sesaat. Contoh: Saya memberi souvenir berupa mug yang bisa digunakan tiap hari, maka temanpun pasti mengingat siapa yang memberi mug tersebut (selama belum pecah dan dibuang).

Pertimbangkan Faktor Viral
Dengan memberikan sesuatu yg berguna, berkesan, atau menarik perhatian, tentunya berita ini akan berlanjut lebih jauh. Tidak hanya berhenti di sang penerima, namun juga orang2 di sekitarnya.

Kontras, Dibandingan Versi Berbayar
Hal ini sangat penting, bila layanan anda mempunyai pilihan berbayar. Karena pelanggan berbayar anda tentunya mau menikmati layanan yang sepantasnya.

Suatu catatan yang menurutku sederhana, namum masih sering dijumpai. Mengapa download e-book koq harus daftar dahulu? Mengapa mau melihat produk di suatu toko online, koq perlu pendaftaran?

Bila anda mempunyai tips lainya, silahkan bergabung di komentar bawah.

Comments are closed.