Blogwalking Tip: Memahami Komunitas

Blogwalking Tip: Memahami Komunitas

Blogwalking bukanlah rahasia lagi sebagai salah satu cara efektif untuk menaikan trafik blog, sekaligus menjaring kenalan baru di dunia blogging. Namun usaha yang satu ini termasuk memakan waktu dibanding dengan hasil yang didapatkan. Selama anda menikmati prosesnya, bukanlah suatu beban. Tapi tidak ada salahnya juga bila kita bisa melakukan aktifitas blogwalking ini dengan efektif, yaitu dengan cara memahami komunitas yang ada.

Sebelum lanjut ke pokok masalah, perlu dipastikan bahwa anda telah menentukan tema dan tujuan blog anda. Seperti yang dibahas oleh Bloggingly, blog itu bisa beragam jenisnya. Anda masuk kategori mana? Dari penentuan tema, anda bisa memperkirakan pengguna macam apa yang cocok sebagai pembaca ideal blog anda. Seorang fashionista pasti jarang paham dengan hal2 berbau IT. Begitu juga seorang pelaku IT, belum tentu suka hal2 menarik di dunia fashion.

Definisi Komunitas

Definisi komunitas dalam perbincangan ini adalah segerombolan orang (pembaca) dengan tujuan atau minat yang sama. Entah mereka mempunyai hubungan nyata di kehidupan yang sebenarnya, atau hanya sekedar di dunia maya.

Bila diamati secara jeli sewaktu blogwalking, anda bisa mengamati di blog2 yang sejenis tentunya yang berkomentar juga orang2 yang sama. Bila melangkah lebih jauh dengan menelusuri blog2 para pengunjung, bisa dirasakan suatu kesamaan. Namun bila kita memulai dari sisi blog yang lain atau yang baru, anda akan terdampar di kelompok blogger yang berbeda. Inilah yang dimaksud dengan komunitas2 blogger yang perlu anda pahami.

Menemukan Sang Rainmaker

Di suatu jaringan tentu beberapa individual yang mempunya koneksi atau jaringan yang jauh lebih banyak dibanding rata2, yang istilahnya disebut Rainmaker. Sosok ini biasanya berupa blogger yang telah terkenal, atau seorang selebriti dengan pengikutnya yang berjibun. Lewat sosok rainmaker inilah anda bisa menemukan komunitas2 baru lewat jaringannya yang luas.

Dengan metode ini diharapkan jaringan blogwalking anda jadi lebih luas dan bisa menemukan kenalan2 baru.

Ada komentar? Jangan lupa sebutkan rainmaker anda 🙂

Comments are closed.