Yahoo pun Meluncurkan Platform Aplikasi

Yahoo baru saja merelease preview Yahoo Application Platform (YAP). Ini berarti menambah daftar penyedia platform aplikasi yang sudah diramaikan oleh Facebook, Google, dan yang lain-lain. Yang jadi pertanyaan adalah apakah Yahoo hanya ikut-ikutan?

Dari slideshow yang bisa kita liaht bersama, Yahoo memberikan 3 alasan di belakang peluncuran YAP. Yang pertama adalah membuat Yahoo lebih social. Ya, sepertinya sudah tidak terhindarkan lagi. Langkah logis setelah mengupgrade diri ke tingkatan 2.0, sosial adalah wajib. Ini didasari pula oleh pemikiran, yang juga mengkonfirmasi, bahwa ada value besar tersimpan di pengguna dan kelompok pengguna internet. Mengkonfirmasi  bahwa User Generated Content adalah koin lama, namun masih dan siap dimainkan lebih jauh.

Yang kedua adalah membuka diri pada pihak ketiga, jauh dari apa yang sekarang telah dilakukan selama ini. Memang benar, Yahoo telah merilis berbagai macam layanan beserta APInya. Setidaknya ada 32 API yang terdaftar di ProgrammableWeb. Namun API tersebut masih tercerai-berai dan tak tersambung. Dengan merilis sebuah platform sepertinya Yahoo mengharapkan bisa memberikan pengalaman baru dan lebih solid pada para developer. Tentu saja dengan dilandasi strategi-strategi khusus yang mungkin akan segera kita lihat pada masa-masa ke depan. Ya, peluang monetisasi yang belum diungkap.

Yang terakhir, “Rewire Yahoo”. Yang ini tidak berfokus ke API semata, namun lebih ke properti-properti Yahoo seperti konten, pengguna, dan sebagainya. Inilah proses yang sangat menarik karena mungkin akan merubah kedudukan Yahoo dalam papan permainan raksasa dunia Teknologi Informasi.

Apa pendapat Anda?

Bonus: Slideshow yang ditayangkan di event FOWA minggu lalu di London.

– via ProgrammableWeb

8 comments
Toni
Toni

@Rama
Di situ itu ceruk lembaga riset dan survey serta konsultan ;). Bagi yang tidak mampu membeli informasinya ya harus bisa menebak atau justru membangun ketertarikan baru. Klo menurut rama sendiri gimana, dengan melihat tren ramenya Plurk, Twitter, Multiply, Wordpress dll. Demografi orang Indonesia di situs2 tersebut seperti apa?

Ananto
Ananto

@Rama : content di indonesia ini belum ada yg mendalami, sepertinya menarik kalo kita jadi yg pertama... :D

yodi
yodi

nah, ini dia yang menarik! mengikutkan slide yahoo didalamnya.
Jadi lebih berbobot tentunya :D

rama
rama

Ngomong2 soal local content ( berhubungan dengan artikel Navinot sebelumnya ) sebenarnya pasar indonesia sendiri interest dengan local content seperti apa sih?
Sebagai developer (cieee...) content seperti apa yang menarik untuk pasar indonesia?

Toni
Toni

@pico
Terimakasih atas komentarnya yang truly insightful. BTW, soal bertemu bersama untuk ngobrol tentang peluang-peluang strategis sepertinya sangat menarik. Mungkin dalam bentuk informal saja kali ya. Ngupi-ngupi atau gimana gitu. Atau bisa numpang di event FreSh? Kita tunggu Pitra atau CaturPW untuk mampir ke sini ;)

paydjo
paydjo

makan-makan

* gag dong *

pico
pico

iya.. ini merupakan implementasi dari Yahoo Open Strategy yang dirilis bulan April lalu lewat ari balogh's presentation in web 2.0 expo. Memang betul juga bahwa strategi ini adalah strategi yang "mau tidak mau harus" agar tidak ketinggalan.. jadi sebenarnya Yahoo, tidak memunculkan sesuatu yang benar-benar baru dalam industri web based service ini.. hanya karena Yahoo adalah raksasa dengan user base sangat tinggi, maka Yahoo platform ini menjadi penting.
Buat developer Indonesia, hadirnya Yahoo platform membuka peluang yang sangat besar karena pengguna jasa Yahoo di Indonesia adalah yang terbanyak dibandingkan pengguna jasa web lainnya (liat alexa). Peluang yang termasuk membangun aplikasi dia atas platform Yahoo, dengan local content dan tentunya mudah bagi pengguna yahoo untuk mengintegrasikan dengan aplikasi yahoo lainnya.

Ada bagusnya juga bila praktisi web, baik pebisnis maupun developer Indonesia melakukan pemetaan industri web bersama-sama dan berbagi opini mengenai peluang-peluang strategis. Saya mau ikutan.. :)

Herman Saksono
Herman Saksono

Pertama... presentasinya Yahoo lucu banget!

--bersambung---

Trackbacks

  1. […] Rabu, NavinoT menyajikan ulasan dibalik peluncuran platform aplikasi oleh Yahoo!, dalam judul “Yahoo pun Meluncurkan Platform Aplikasi”. Apakah Yahoo! hanya ikut-ikutan semata? Sekedar meniru Facebook atau Googlesupaya tidak dicap […]