Yahoo pun Meluncurkan Platform Aplikasi

Yahoo baru saja merelease preview Yahoo Application Platform (YAP). Ini berarti menambah daftar penyedia platform aplikasi yang sudah diramaikan oleh Facebook, Google, dan yang lain-lain. Yang jadi pertanyaan adalah apakah Yahoo hanya ikut-ikutan?

Dari slideshow yang bisa kita liaht bersama, Yahoo memberikan 3 alasan di belakang peluncuran YAP. Yang pertama adalah membuat Yahoo lebih social. Ya, sepertinya sudah tidak terhindarkan lagi. Langkah logis setelah mengupgrade diri ke tingkatan 2.0, sosial adalah wajib. Ini didasari pula oleh pemikiran, yang juga mengkonfirmasi, bahwa ada value besar tersimpan di pengguna dan kelompok pengguna internet. Mengkonfirmasi  bahwa User Generated Content adalah koin lama, namun masih dan siap dimainkan lebih jauh.

Yang kedua adalah membuka diri pada pihak ketiga, jauh dari apa yang sekarang telah dilakukan selama ini. Memang benar, Yahoo telah merilis berbagai macam layanan beserta APInya. Setidaknya ada 32 API yang terdaftar di ProgrammableWeb. Namun API tersebut masih tercerai-berai dan tak tersambung. Dengan merilis sebuah platform sepertinya Yahoo mengharapkan bisa memberikan pengalaman baru dan lebih solid pada para developer. Tentu saja dengan dilandasi strategi-strategi khusus yang mungkin akan segera kita lihat pada masa-masa ke depan. Ya, peluang monetisasi yang belum diungkap.

Yang terakhir, “Rewire Yahoo”. Yang ini tidak berfokus ke API semata, namun lebih ke properti-properti Yahoo seperti konten, pengguna, dan sebagainya. Inilah proses yang sangat menarik karena mungkin akan merubah kedudukan Yahoo dalam papan permainan raksasa dunia Teknologi Informasi.

Apa pendapat Anda?

Bonus: Slideshow yang ditayangkan di event FOWA minggu lalu di London.

– via ProgrammableWeb

Trackbacks

  1. [...] Rabu, NavinoT menyajikan ulasan dibalik peluncuran platform aplikasi oleh Yahoo!, dalam judul “Yahoo pun Meluncurkan Platform Aplikasi”. Apakah Yahoo! hanya ikut-ikutan semata? Sekedar meniru Facebook atau Googlesupaya tidak dicap [...]