Apa yang Menarik dan Menguntungkan dari SearchMonkey

Apa yang Menarik dan Menguntungkan dari SearchMonkey

SearchMonkey secara Ringkas
SearchMonkey adalah salah satu cara yang disediakan Yahoo! untuk berkolaborasi meng-enhance hasil pencarian di Yahoo! search. Dengan SearchMonkey, kita bisa memberikan informasi tambahan (mashup) untuk melengkapi item-item yang ada dalam halaman hasil pencarian. Sumber informasi yang bisa dipakai adalah bebas, bisa dari data pribadi kita atau data yang tersedia di internet (webservice, dll). Apa sebenarnya manfaat SearchMonkey bagi kita selagi publisher atau konsumen?

Sebagai Publisher

Publisher adalah pihakyang relatif lebih tahu dengan data yang dipublikasikannya. Misalnya Anda mempunyai toko online, tentu Anda jua lah yang mengetahui berapa harganya, apakah ada diskon, berpa stok tersisa, apa bonusnya dan lain-lain. Mesin pencari tidak akan tahu tentang hal ini. SearchMonkey memberikan fasilitas supaya publisher bisa menambahkan hasil ini pada hasil pencarian. Coba lihat screenshot di bawah ini.

Ujungnya, publisher bisa menghantarkan hasil pencarian yang lebih kontekstual dan menarik (ada dua mode tampilan yang disediakan SearchMonkey) tidak hanya sekedar judul dan cuplikan. Kedua, hasil pencarian akan menjadi lebih otentik karena bisa dilengkapi dengan brand. Ketiga, pasti, hasil pencarian lebih menjual, sebagai efek tidak langsung dari kelengkapan informasi dan brand.

Sebagai Konsumen

Konsumen pun diuntungkan karena SearchMonkey memberikan informasi yang lebih dari biasanya. Lebih banyak informasi relevan yang akan membuat asktifitas pencariannya menjadi jauh lebih efektif. Yang biasanya harus dilakukan dengan beberapa tahapan pencarian kini bisa disingkat dengan satu kali search. SearchMonkey mendekatkan pengguna ke informasi yang sebenarnya dicari.

Apa yang tampak di horizon?

Yang jelas, sepertinya iklan bisa dipasang. Karena informasinya lebih relevan, tentunya targetted ad akan memiliki tingkat relevansi yang tinggi.Google harus berhati-hati jika SearchMonkey ini benar-benar mendapat momentum.

Bagaimana? Tiba-tiba memperoleh wangsit untuk membuat mashup profitable baru dengan SearchMonkey ? Menurut Anda apa yang bisa terjadi di masa depan terkait SearchMonkey?

Bonus: Screenshot pencarian terkait NavinoT.com

Ya, memang masih ada kesalahan screenshot di atas 😉 . Itu sedang di-debug

Comments are closed.