The Economy of Scarcity: Teori Ilmu Ekonomi Kelangkaan

The Economy of Scarcity: Teori Ilmu Ekonomi Kelangkaan

Sebenarnya saya tak begitu mengenal Seth Godin. Saya baru saja mengikutinya bebrapa waktu ini. Pun demikian, I’m already hooked up. I sold my soul. Lalu apa hubungannya dengan economy of scarcity? Economy of scarcity atau ekonomi dalam kelangkaan adalah salah satu strategi pemasaran yang eksepsional. Adalah sebuah trik yang cerdik untuk menawarkan sesuatu yang eksklusif dan langka. Semua orang suka dengan barang langka. Adalah suatu kemewahan dan kebanggaan tersendiri bagi seseorang untuk memiliki barang langka.

Prinsip tersebut adalah apa yang menjadi dasar economi of scarcity. Namun jangan terkecoh. Berprinsip pada kelangkaan tidak berarti bahwa barang/jasa yang ditawarkan harus benar-benar langka. Pun harganya tidak harus dipasang pada angka yang sangat tinggi. Kelangkaan bisa dibuat, baik secara nyata ataupun dalam tingkatan persepsi. Tungu-tunggu, saya belum terlalu geeky kan di sini? Dalam tingkatan persepsi itu maksudnya adalah dalam angan-angan si calon konsumen.

Contohnya seperti ini. Anda pernah mendapatkan invitation code ke layanan yang sedang beta? Di mana di dalamnya Anda diperbolehkan menyebarkan sejumlah terbatas invitation ke teman-teman Anda? Ini berarti undangan tersebut langka bukan? Tapi apakah Anda tahu bahwa invitation code yang Anda terima itu bisa jadi sama dengan yang lain? Apa iya? Apakah Anda mulai bertanya-tanya?

Kelangkaan juga bsia diciptakan seperti apa yang baru saja dilakukan oleh Seth Godin. Saya tidak tahu apakah ini memang tujuannya, saya belum bertanya langsung kepada yang bersangkutan. Yang dilakukan adalah merilis audiobook dari buku terbarunya, Tribes, secara gratis di audible.com. Yang kenal dan mengidolakan Seth Godin tentu akan segera mengunduh buku ini. Sangat segera seolah audiobook ini tidak gratis dan berjumlah terbatas. Ternyata apabila kita telaah yang langka adalah momennya. Kehausan pembaca buku-buku Seth Godin membuat persepsi langka ini menjadi terasa jauh lebih nyata. Rasa ingin tahu membuat audiobook yang gratis dan bebas unduh menjadi rebutan khalayak ramai.

Tertarikkah Anda untuk menggunakan prinsip-prinsip economy of scarcity? Pernahkah Anda menemukan contoh-contoh yang lain? Ayo kita bagi bersama-sama di sini.

Photo by InfoMofo

Comments are closed.