Pentingnya Markas Besar di Dunia Maya

Pentingnya Markas Besar di Dunia Maya

Jaman telah berubah dan teknik pemasaran telah jauh berkembang. Kehadiran social media sebagai alternatif telah membuka peluang bagi banyak orang untuk berpartisipasi di dunia maya, entah secara personal, profesional, atau komersial. Namun dengan semakin banyaknya pilihan membuat pengguna bingung dan berlompatan antara layanan yang satu dengan yang lainnya dan membuat strategi (pemasaran) yang dijalankan tidak terfokus.

Apa Itu Markas Besar?

Peduli anda seorang blogger, freelancer, marketer, ataupun seseorang yang super narcis, hendaknya anda mempunyai satu titik yang menjadi pusat perhatian dari seluruh aktifitas anda di dunia maya. Inilah yang dimaksud dengan sebuah markas besar, yang menerima arus masuk dari hasil semua aktifitas anda. Markas besar bisa berupa sebuah blog, atau situs korporat resmi.

Membangun Pangkalan Baru

Pangkalan baru adalah tempat yang bertujuan untuk mempromosikan materi utama. Di sini anda bisa melakukan aktifitas2 sesuai dengan fungsi layanan, entah itu layanan social network untuk menjaring relasi baru, atau microblogging untuk memberi permberitahuan singkat. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat markas besar anda di setiap pangkalan.

Media Baru Sebagai Alat Bantu

Dengan tersedianya berbagai macam layanan baru,kadang membuat kita jatuh hati dan berpaling dari aktifitas utama anda. Bila dulu anda adalah fans berat blogspot, mencoba memakai WordPress bisa membuat anda berubah hati, atau sebaliknya. Tidak hanya layanan yang sama, tapi juga produk2 baru seperti Plurk yang membuat sebgian blogger untuk malas menulis artikel baru. Ingatlah selalu untuk memakai media baru ini sebagai alat bantu, bukan markas baru.

Blogging di Berbagai Layanan

Membuka blog dengan tema yang sama diberbagai layanan merupakan kesalahan yang sering dijumpai. Selain memakan waktu yang banyak, juga menyaingi diri sendiri dan persaingan ini tidak akan tuntas selama anda terus menulis.

Konsep Mini Situs

Membangun sebuah mini situs untuk suatu produk/layanan baru hendaknya dipertimbangkan dengan matang dan harus mempunyai tujuan/konsep yang nyata. Umumnya mini situs diluncurkan untuk event tertentu atau memberi total experience dari produk atau layanan tersebut. Yang perlu dihindari adalah duplikasi informasi yang kerap melupakan situs utamanya.

Giliran Anda…

Sebagai pengguna internet, silahkan berbagi:

  • Apakah anda pernah melakukan hal ini atau menjumpai hal yang sama?
  • Apa profesi anda, dan apa strategi anda untuk membangun sebuah markas?

Silahkan berkicau di bawah dan semoga artikel ini membantu mengingatkan tujuan utama anda di dunia maya.

PS: Untuk kelanjutannya, kita akan membahas syarat2 ideal sebuah markas besar.

Comments are closed.