Siasat Menghadapi Derasnya Arus Informasi

Siasat Menghadapi Derasnya Arus Informasi

Setelah kita berbicara tentang manfaat noise tempo hari, hari ini kita akan membahas apa saja yang bisa kita dipakai untuk mengolah noise menjadi hal yang bermanfaat bagi kita.

Sesuai definisi yang bisa kita baca di situsnya, AideRSS adalah sebuah asisten pintar yang akan membantu anda menghemat waktu sementara itu tetap membuat anda tidak ketinggalan berita terbaru dan top. AideRSS akan meriset setiap artikel dan membuat noise, yang ujungnya membuat Anda bsia fokus pada apa yang benar-benar berarti bagi Anda. Anda bisa coba menyimak “what’s good” di navinot di URL http://www.aiderss.com/all/www.navinot.com. Kita bisa mengurutkan berdasar Post Rankā„¢ dan langsung bisa berlangganan RSS berita-berita yang sudah tersaring. Bisa dibayangkan bagaimana alat ini bisa membantu Anda yang ingin memonitor banyak berita tanpa harus kelelahan memeriksa satu persatu berita. AideRSS juga mempunyai addon yang bisa dipasang untuk meng-enhance Google Reader

RSSMeme adalah satu lagi news filtering tool. RSSMeme bekerja berdasar seberapa banyak orang yang merekomendasikan (share) suatu artikel. Ini adalah salah satu contoh crowdsourcing[1] yang memanfaatkan wisdom of crowd[2]. RSSMeme memberikan fasilitas bagi pengguna untuk menyaring berita berdasar limit waktu dan ukuran minimal share. dengan fasilitas ini kita bisa mencari berita terbaikĀ  selama sehari, seminggu, atau sebulan. Sayang tidak ada fasilitas pengurutan terbalik. Padahal noise-noise yang di bawah terkadang juga menarik.

Masih ada banyak alat-alat serupa yang belum ditulis di sini. Penulis sendiri memakai feedly. Layanan yang memanfaatkan Google Reader sebagai sumber data. Dengan feedly kita bisa menyaring noise dan memilah berita-berita mana saja yang harus kita dahulukan baca berdasar jumlah rekomendasi. Simak bahasan lengkapnya di artikel tentang Feedly.

Bagaima mana dengan Anda, ayo share tips Anda di sini. Bagaimana Anda menyikapi arus informasi yang begitu deras dan tak ingin dilewatkan?

[1] Crowdsourcing adalah aktivitas melakukan outsource pada khalayak ramai. Memperkerjakan pengguna internet untuk melakukan suatu hal yang kita ambil manfaatnya.
[2] Wisdom of crowd adalah suatu keputusan yang tercipta dari gabungan pendapat khalayak ramai. Wisdom of crowd mempunyai keunggulan dan kelemahan. Wisdom of Crowd memerlukan terpenuhinya beberapa syarat sehingga bisa benar-benar bisa dianggap valid.

PS:
Penulis sebenarnya tertarik dengan APML (Attention Profiling Mark-up Language). Namun agaknya topik ini perlu diriset terlebih dahulu sebelum kita bahas bersama-sama di NavinoT.

Photo by orvaratli

Comments are closed.