NavinoT New Wave Marketing Month

NavinoT New Wave Marketing Month

Kehadiran NavinoT di dunia internet tentunya akan lebih lengkap bila kita berbicara tentang pemasaran, bukan hanya sekedar cara mengembangkan suatu aplikasi. Kebetulan sekali MarkPlus, Inc. sedang menyelenggarakan New Wave Marketing Contest 2008, maka NavinoT akan mencoba berpartisipasi dengan menulis artikel tentang marketing. Mungkin artikel yang bakal disajikan belum tentu terkait dengan dunia aplikasi, namun diharapkan masih bisa diterapkan dan diambil hikmahnya.

Apa itu New Wave Marketing?

Dari ulasan Pak Hermawan Kartajaya di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Chicago, beliau menekankan bahwa New Wave Marketing (NWM) pada intinya lebih bersifat horizontal, yaitu hubungan antar sesama pengguna/konsumen, bukan lagi hanya terpaku antara produsen dan konsumen yang vertikal.

Segmentasi Itu Kuno

Segmentation, Targeting, and Positioning (STP) merupakan cara kuno marketing yang memilah-milah konsumen menjadi beberapa kategori. Dengan NWM pendekatan lewat komunitas, baik yang sudah ada ataupun baru bangun, jadi lebih penting karena sifatnya yang saling membantu dan telah mempunyai persamaan minat (common interests).

Low Budget, High Impact

Dengan pendekatan secara horizontal, biaya iklan yang identik dengan dana besar bisa dikurangi, tanpa mengurangi hasilnya. Salah satunya adalah dengan menjadi lebih kreatif, baik dengan mencoba strategi, metode, atau bahkan media baru.

Be Different, Not Just Better

Dengan komunikasi yang semakin horizontal, posisi seorang individu jadi lebih kuat, terutama dengan adanya social media yang memungkinkan tiap orang untuk bersuara. Karena semakin banyak individu yang bersaing, maka lebih penting untuk menjadi lebih berbeda, bukan hanya menjadi lebih baik dari yang lain.

Begitulah kira2 rangkuman singkat tentang NWM yang menjadi inspirasi NavinoT bulan ini. Berikut adalah beberapa artikel yang akan diluncurkan selama bulan November:

Bila anda ada usulan untuk suatu artikel, atau ingin ikutan bulan marketing, silahkan berkomentar di bawah.

Comments are closed.