NWMC: Facebook Developer Platform

NWMC: Facebook Developer Platform

Kehadiran Facebook di pasar social networking sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Meskipun social networking awal mulanya dipelopori oleh Friendster, namun inovasi Facebook dengan developer platform-nya membuat Friendster jadi jauh tertinggal. Lalu apa hubungannya dengan tema New Wave Marketing bulan ini?

Untuk hal yang menyangkut pemasaran tentunya ada sesuatu yang mempunyai value untuk dipasarkan. Value tersebut bisa berupa barang atau jasa yang dibutuhkan atau diminati orang lain. Dalam hal ini Facebook adalah layanan social networking dengan serangkaian fitur dan layanan yang mempermudah penggunanya untuk berinterkasi, berbagi, dan tentunya berpromosi. Karena pada dasarnya jumlah pengguna adalah asset utama Facebook, maka sangatlah penting bagi Facebook untuk mencari cara agar penggunanya betah untuk berinteraksi dan sekaligus mengundang pengguna2 baru.

Seperti yang kita ulas sebelumnya, layanan social networking yang tadinya merupakan suatu layanan sudah bukan lagi tombak utama, namun sekarang hanya berupa fitur semata. Keputusan Facebook untuk membuka kesempatan bagi para developer untuk bergabung dengan menyumbangkan aplikasi2nya adalah suatu langkah jitu. Aplikasi yang ditawarkan telah menambah nilai jual Facebook yang bukan lagi sekedar layanan jejaring sosial, tapi dengan beribu macam alasan baru untuk bergabung.

Facebook dalam hal ini juga sengat cerdik memanfaatkan faktor kolaborasi massa (mass collaboaration), yang dalam hal ini adalah para developer untuk bergabung menyumbangkan aplikasinya. Dari sisi dana, Facebook telah berhemat banyak dalam hal pengembangan aplikasi tanpa melibatkan faktor resiko yang tinggi, karena hanya perlu mempersiapkan platform aplikasi saja. Low cost, high impact? Tentu saja.

Sikap keterbukaan ini menjadi pelopor di dunia internet dan disukai oleh banyak pengguna. Akibatnya banyak pemain besar juga telah mempertimbangkan strategi ini, termasuk Yahoo dengan platform barunya. Bila diamati lebih lanjut, sikap terbuka yang memperbolehkan masyarakat umum untuk berpartisipasi telah merubah suasana persaingan di dunia internet. Yang dahulunya berupa situs layanan atau aplikasi, kini telah bergabung dalam suatu platform seperti Facebook.

Bisnis model juga akan mengalami perubahan, karena dengana danya keterbukaan akan terbuka peluang kerjasama baru. Namun ada satu yang masih menjadi tanda tanya, yaitu sejauh manakan para pemain besar ini akan terbuka? Mengingat para pemain besar cenderung memonopoli informasi kritikal seperti informasi penggunanya.

Artikel ini merupakan bagian dari New Wave Marketing Contest 2008 yang diadakan oleh MarkPlus, Inc. Silahkan simak juga artikel lainnya.

Comments are closed.