NWMC: Kreatif Memandang Pasar Dalam The Long Tail

NWMC: Kreatif Memandang Pasar Dalam The Long Tail

Setelah Blogging is Dead, sekarang ada hal kontroversial lagi. The Long Tail sebenarnya tak akurat![1] Paling tidak inilah yang diutarakan dalam artikel di The Register. Ini adalah pukulan telak bagi fan atau orang-orang yang percaya pada fenomena The Long Tail. Artikel dalam The Register mengklaim bahwa The Long Tail adalah merupakan teori yang menimbulkan sebuah gerakan, memotivasi ekonomi yang sedang lesu, memunculkan harapan baru. The Long Tail diklaim tidak memiliki data yang akurat, atau lebih tepatnya data yang disediakan diduga memang diarahkan untuk mendukung teori yang diangkat.

Diperlukan kapasitas tertentu untuk bisa pro atau kontra dalam hal akurasi data The Long Tail, oleh karena itu agaknya lebih baik jika kita bahas The Long Tail dalam kaitannya dengan New Wave Marketing.

The Long Tail memberikan informasi bahwa selling less is more. Bahwa ada pasar potensial yang diremehkan atau tak pernah dilihat padahal memberikan kontribusi luar biasa pada banyak perusahaan sukses. Amazon, Rhapsody, Netflix, dll adalah beberapa contoh yang disebut dalam The Long Tail. Dalam konteks New Wave Marketing, mengingat teori penting dalam buku Hermawan Kartajaya — On Segmentation, The Long Tail bisa dikategorikan sebagai proses kreatif dalam memandang pasar. Dengan cara kreatif memandang pasar, segmentasi berdasar demografi dan psikografi (watak konsumen) menjadi kuno karena memandang konsumen sebagai organisasi sosial (komunitas) adelah lebih kreatif dan tepat sasaran. Model komunitas yang mandiri dan saling menguatkan adalah lebih menarik dibandingkan dengan model pemasaran one-to-one.

Dengan mengangkat communitization, The Long Tail bisa menjadi lebih panjang lagi. Teori Long Tail hanya mencontohkan pembagian pasar berdasar popularitas produk dan preferensi konsumen. Menambahkan metrik (ukuran) komunitas akan memberikan satu aksis/poros tambahan untuk melihat Long Tail yang lain.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda juga terinspirasi oleh The Long Tail?

Photo by dan taylor

[1] via @budip

Artikel ini merupakan bagian dari New Wave Marketing Contest 2008 yang diadakan oleh MarkPlus, Inc. Silahkan simak juga artikel lainnya.

Comments are closed.