NWMC: Menjual Diri Lewat Internet

NWMC: Menjual Diri Lewat Internet

Bila melihat konsep New Wave Marketing tentang pendekatan lewat komunitas, sepintas terlihat bahwa peranan individual menjadi semakin besar. Seseorang dengan jaringan yang lebih luas tentunya mempunyai bobot pendapat yang lebih berat di dalam komunitasnya. Hal ini membuat persaingan secara individual juga semakin kuat. Apakah anda telah mempersiapkan segalanya untuk bersaing? Dan mengapa harus bersaing?

Fenomena ini sebenarnya sedang terjadi di kalangan freelancer yang berebut proyek lewat internet dan bersaing secara global. Memang pasar terbuka luas, namun persaingan juga semakin ketat dengan semakin dalamnya penetrasi penggunaan internet. Yang beruntung tentu saja berlimpah dengan berbagai macam proyek, bahkan sempat menolak tawaran baru. Bagaimana dengan pendatang baru yang belum mempunyai reputasi kuat?

Tidak hanya untuk para freelancer, hal ini juga berlaku bagi semua profesi, entah anda seorang profesional atau wirausahawan. Dengan memanfaatkan social media, seperti blogging dan layanan social network, anda bisa membangun reputasi di dunia maya yang nantinya diharapkan berlaku juga di dunia nyata. Jangan biarkan ruang kerja anda menjadi hambatan yang menutup anda dari dunia luar, bahkan menjadikan anda sebagai budak dunia modern. Apa yang akan anda lakukan bila hari ini anda menerima surat PHK?

Membangun reputasi diluar lingkungan kerja secara tidak langsung merupakan salah satu cara penyambung hidup. Tidak hanya untuk kepentingan darurat, namun juga membuka peluang baru untuk karir anda. Internet merupakan media ideal yang bisa menghubungkan semua kalangan tanpa batasan waktu dan ruang. Ini memungkinkan anda untuk menjangkau baik kalangan yang lebih atas atau lebih bawah, tergantung kebutuhan dan tujuan anda.

Bagaimana memulai semua ini? Blog merupakan salah satu cara yang paling gampang untuk mengawali reputasi anda di dunia maya. Dengan biaya relatif murah, sebuah blog bisa dipersiapkan dalam waktu singat. Kemudian dilanjtkan dengan melengkapi informasi dasar seperti profil pribadi, kontak info, ataupun portfolio. Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, blog bisa digunakan sebagai markas besar dari semua aktifitas anda. Yang berarti semua aktifitas2 bisa hendaknya ditujukan balik ke markas besar ini.

Kembali ke New Wave Marketing, dengan jaringan sosial yang luas anda tentunya mempunyai peranan besar di suatu komunitas. Peranan anda di komunitas jadi semakin penting, karena anda telah punya jaringan yang luas. Anda bisa jadi menjadi target para marketer yang membutuhkan bantuan anda untuk memasarkan produknya. Mulai terlihat manfaatnya? Bukan hanya berupa peluang menerima iklan, tapi sekarang anda punya ruang gerak yang lebih luas untuk melangkah lebih jauh, entah itu untuk mencoba karir baru atau memulai usaha baru. Betul tidak?

Artikel ini merupakan bagian dari New Wave Marketing Contest 2008 yang diadakan oleh MarkPlus, Inc. Silahkan simak juga artikel lainnya.

Comments are closed.