Gak Jualan Obat!

Gak Jualan Obat!

“Peduli kolesterol”, begitu pesannya. Aneh bukan? Bukannya lebih baik jika langsung saja memakai pesan: “Pfizer datang, kolesterol hilang!”. Kenapa harus jauh-jauh dan repot-repot menghabiskan biaya dengan membuat iklan terselubung?

Bukannya ini hanya sekedar “microsite”? Ya,kampanye Pfizer ini memang mirip dengan penggunaan microsite yang lain. Mirip tapi tidak sama.Pfizer membangun kampanyenya tidak lewat game, atau aktivitas fun lain. Kampanye Pfizer ini berbeda karena sifatnya lebih serius, membahas isu kolesterol yang sepertinya telah menjadi isu penting dalam masyarakat. Atau justru ingin membangun kepedulian masyarakat akan efek kolesterol.

Apa yang didapat dengan menyediakan game untuk bersenang-senang? Tentu saja banyak buzz. Apalagi jika lucu, maka pemakai game tersebut akan memberitahukan temannya yang lain. Apalagi jika gamenya punya unsur “social”.

Lalu apa yang didapat dengan kampanye peduli kolesterol? “Do no evil”. Ya, yang didapat adalah nilai-nilai kebaikan. Kebaikan yang kemudian membuahkan rasa kepercayaan pada brand. Konsumen dan calon konsumen pun lebih percaya. Pfizer tak mungkin jahat pada mereka. “Pfizer membantu kita, Pfizer peduli kolesterol”. Dan selanjutnya,konsumen pun akan lebih memperhatikan iklan-iklan Pfizer. Yang biasanya segera dilewatkan, kali ini konsumen akan meluangkan sedikit waktu mereka untuk melihat apa yang ditawarkan Pfizer. Pun jika konsumen tidak akan membeli produk Pfizer dalam waktu dekat, pastilah mereka akan menaruh Pfizer dalam daftar prioritas saat mereka dihadapkan pada beberapa pilihan obat.

Intinya, di sini Pfizer membangun komunitas. Konsumen diajak bersama-sama berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang kolesterol. Tentu saja dengan dukungan expertise Pfizer dalam dunia farmasi. Konsumen senang karena tidak dibodohkan, sebaliknya diajak menjadi pandai dengan pengetahuan akan seluk beluk kolesterol.

Reap what you sow. Tebarkan benih baik maka niscaya akan kita panen hasil yang baik. Bukan jualan obat ;).

You know what? Counter pedulikolesterol.com saat tulisan ini dibuat sudah menunjukkan angka 277.407 kunjungan!

Dihubungkan dengan konsep New Wave Marketing, kampanye Pfizer ini sepertinya dimasukkan sebagai contoh Communization.

PS:

Ada yang tidak sinkron antara kampanye ini di televisi dan di websitenya. Ada tahu pada bagian mana?

Comments are closed.