Great Blogging Cont.

Great Blogging Cont.

Melanjutkan tips-tips kemarin tentang great blogging, mari kita bahas poin-poin berikutnya.

Blogging, jika dianggap non-serius sebenarnya tak perlu dibuat jadi repot. Tulis saja sekenanya, apa yang mampir di kepala waktu itu. Tak perlu bersusah-payah harus menulis tiap hari. Setahun sekali juga tidak ada yang melarang.

Tapi, blogging juga bisa dilakukan secara serius. Dengan different set of goals. Blogging adalah produk. Produk memerlukan pasar dan pemasaran. Produk memerlukan brand. Brand harus dibentuk dan dijaga.

Seperti yang pernah disebutkan berulang-ulang di NavinoT, brand selalu terkait dengan trust. Trust berhubungan dengan bagaimana produsen memperlakukan konsumen. Dalam kasus blogging, konsumen adalah pembaca blog.

Dimana-mana, konsumen harus dihormati dan diperlakukan secara spesial (atau tampak spesial). Membuat pembaca menjadi orang spesial bisa dengan cara membahas topik yang dianggap penting oleh pembaca. Pembaca juga harus dihormati. Menempatkan pembaca sebagai teman dan partner diskusi bisa jadi salah satu cara, walau mungkin tidak selalu tepat dalam semua kasus.

Jangan lupa untuk membangun relationship yang erat dengan pembaca baik via online dan lebih baik lagi ditambah via offline. Sepertinya kebutuhan manusia untuk berinteraksi langsung dengan manusia lain tidak bisa dihapuskan begitu saja dengan komunikasi online. Interaksi face-to-face menambahkan ikatan emosi yang jauh lebih dalam lagi dalam hubungan antara blogger dan pembacanya. Komunikasi offline juga bisa jadi bagian dari pembentukan brand. Hal-hal yang tidak bisa dikomunikasikan secara online bisa dilakukan di medium ini.

Tentu saja, walau kita sudah bisa membuat brand blog yang baik belum tentu semua orang tahu akan blog kita. Flip the funnel, begitu kata Seth Godin. Baliklah corong (toa) supaya pembaca lebih mudah menyebarkan brand Anda kepada yang lain. Contoh teknis adalah memasang tombol-tombol social bookmarking di blog. Intinya adalah mempermudah akses blog. Membuat RSS yang full content dan tidak sekedar teaser bisa juga contoh.

Yang terakhir, the ultimate tips: be patient. Sepertinya sudah tak perlu lagi dijelaskan ;). So, apakah Anda melakukan blogging dengan tujuan tertentu?

PS:
Berhubung Ivan sedang ada kesibukan di NYC, jadinya hari Sabtu ini teman-teman justru bertemu dengan saya 🙂

Comments are closed.