Yahoo! Messenger yang Lebih Baik

Yahoo! Messenger yang Lebih Baik

Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasar Yahoo! Messenger (Y!M) versi 8.1.0.421.

Saat ini saya masih memakai Y!M di laptop. Kenapa tidak berpaling ke Pidgin, atau software multi IM account lain? Kita simpan cerita itu untuk lain hari saja ;).

Mari kita fokus dulu ke Yahoo Messenger. Kenapa saya berpikir Yahoo Messenger bisa perform lebih baik lagi? Berikut adalah daftar saya:

  • Yahoo! Messenger Insider. Plis deh, apa fungsi Insider ini bagi saya? Tidak ada info yang bisa menjadi bekal saya hari itu. Padahal, jika Insider bisa menampilkan informasi yang saya inginkan,saya tak akan men-disable-nya via Preference ;). Jika ada informasi relevan, semua yang melihatnya akan berhenti lebih lama untuk mengkonsumsi informasi yang tersedia. Ujungnya, iklan yang dipasang di sana bisa mendapatkan exposure sepantasnya.
  • Yahoo! Livewords. Sebenarnya fitur ini sungguh luar biasa. Anda lihat tanpa loupe di jendela percakapan Anda? Nah itu termasuk bagian dari Livewords.Y!M akan men-scan perckapan Anda dan memonitor kata-kata penting yang kemudian diberi link menuju penjelasannya. Misalnya kata-kata yang terdaftar dalam Stocks, Yahoo! picks, Weather, dll. Ya, mirip dengan layanan semantik dari OpenCalais. Tapi sayang kosakatanya terbatas, dan lagi-lagi bukan yang benar-benar saya inginkan. Untuk hal-hal umum, saya tak menginginkan Weather atau Stocks, yang saya inginkan adalah Wikipedia atau link ke blog search.

Jika kita lihat ke halaman features, kita bisa menemukan: “Yahoo! Updates: Get real-time updates in Yahoo! Messenger about what your friends are posting online, reviewing and generally buzzing about“. Menarik sekali, mungkin ini di-link-kan dengan Yahoo! Buzz. Sayang sekali saya belum bisa menemukan dimana letak fitur ini. Mungkin di versi terbaru Y!M.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang anda sukai dan benci dari Y!M? Apa yang bisa dilakukan supaya Y!M bisa lebih baik lagi?

Comments are closed.