Potensi Google Friend Connect

Potensi Google Friend Connect

Tampaknya semua yang berlabel Google gampang sekali tenar, termasuk Google Friend Connect. Layanan terbaru dari Google ini pada dasarnya bertujuan untuk menyediakan fitur social network secara lepas dan tidak terbatas oleh suatu domain/situs, seperti Friendster atau Facebook.

Bila anda paham dengan layanan MyBlogLog, yang kini telah diambil alih oleh Yahoo!, maka anda mungkin merasa Google Friend Connect tidak jauh berbeda. Sesama pengunjung bisa ikutan nimbrung di sebuah widget di dalam blog, serta meninggalkan komentar di Wall, ala Facebook. Bila ingin aktif lebih jauh, sesama pengunjung bisa saling berteman dan mengenal lebih jauh sesama pengunjung atau komunitas situs tersebut.

Menurutku, Google Friend Connect bukan satu produk inovatif yang akan merubah nuansa internet, atau blogging. Namun langkah ini lebih berarti bila dianggap sebagai langkah untuk menekan kehadiran Yahoo! lewat MyBlogLog-nya.

Google adalah mutlak raja mesin pencari, lengkap dengan pemakai layanan Gmail-nya yang berlimpah. Oleh karena itu bukan hal susah untuk mencari pengguna Friend Connect, karena akun yang sudah ada bisa langsung dipergunakan.

Karena hal di atas, kehadiran Friend Connect patut dipertimbangkan, karena layanan ini boleh dibilang menambah nilai blog/situs anda. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pemakai Friend Connect akan jauh berbeda dengan MyBlogLog? Apakah ini suatu layanan yang patut dipakai oleh pengguna umum, layaknya email, atau hanya tren bagi para pengguna serius (geek). Yang pasti hanya satu eksta widget yang perlu ditambahkan.

Apakah Google Friend Connect akan menambah pengunjung blog anda? Mungkin iya, tapi bukanlah satu yang sangat penting seperti memastikan halaman2 blog anda untuk terindeks mesin pencari. Dengan mempunyai MyBlogLog & Friend Connect, pada dasarnya hanya meningkatkan persentasi kemungkinan, tapi tidak mutlak.

Friend Connect juga tidak akan mengubah Google jadi pemain social network sedominan Facebook, karena masih banyak hal yang lebih menarik di dalam Facebook sendiri.

NavinoT sebelumnya tidak menggunakan kedua layanan ini, maka tidak ada salahnya bagi kita untuk memilih salah satu layanan dan kita memilih Google Friend Connect.

Apakah ada yang meleset dari asumsi ini? Apa pendapat anda?

Comments are closed.