Yang Tersisa di Era Open Social

Yang Tersisa di Era Open Social

Tren data availability untuk web aplikasi, khususnya social networking, jadi semakin hangat dibicarakan. Selama ini Facebook dengan Developer Platform-nya termasuk pemimpin terdepan untuk urusan web platform dan Google tidak tinggal diam dengan inisiatif Open Social-nya. MySpace yang juga merupakan gabungan dari Open Social kini juga telah merilis MySpace ID. Apa yang akan terjadi dengan semua ini?

Bila dilihat dari Facebook developer platform yang sekarang, kita bisa sedikit berusaha untuk menebak masa depan web aplikasi. Tren baru ini akan membawa perubahan yang patut diawasi dan para pengembang aplikasi patut berpikir lebih jauh. Berikut adalah berapa hal yang patut diketahui:

Dominasi Nama Besar

Web aplikasi pasti masih akan didominasi oleh nama2 besar seperti Google, Yahoo, atau Facebook, karena penyedia layanan ini telah memiliki jumlah pengguna yang banyak.

Pengembang Aplikasi Harus Ikut Arus

Para pengembang aplikasi akan menjadi lebih susah untuk membuka terobosan baru, dengan berdiri sendiri tanpa mengikuti permainan mereka. Karena aplikasi anda tidak akan ada artinya bila tidak ada penggunanya. Mau tidak mau harus mengikuti aturan main yang telah ada, yaitu dengan bergabung lewat platform2 yang ada.

Kekangan Sang Pemilik Platform

Hidup di rumah orang tentu saja harus mengikuti peraturan yang ada. Apple dengan iPhone-nya bisa dibilang salah satu contoh praktek yang mengekang para pengembang aplikasi untuk tidak membuat aplikasi yang bakalan menjadi saingan iTunes. Tidak heran bila kejadian serupa akan terjadi di platform2 yang lain.

Proses Registrasi Jadi lebih Mudah

Sebelumnya proses registrasi merupakan salah satu hambatan untuk berinteraksi, termasuk mencoba aplikasi2 baru. Tapi dengan ada Open Social, hal ini menjadi jauh lebih mudah karena profil pengguna telah tersedia.

Persaingan Semakin Ketat

Karena para pengembang baru bisa dengan mudah menunggang platform yang telah ada, maka semakin banyak yang jadi tertarik untuk mencoba. Tentu saja persaingan jadi lebih ketat.

Apakah semua ini merupakan kemajuan? Mungkin lebih tepat bila disebut evolusi dalam dunia internet, khususnya aplikasi. Baik atau tidaknya masih belum bisa diputuskan sekarang. Tapi satu yang pasti, yang besar pasti akan menjadi lebih besar, karena data pengguna masih berada di tangan pemilik platform, bukan pengembang aplikasi.

Siapkah anda?

Comments are closed.