Panduan Memilih Google FriendConnect atau Facebook Connect

Berikut ini adalah hal yang mungkin bisa dipakai sebagai pertimbangan dan panduan dalam memilih antara Google FriendConnect dan Facebook Connect. Ada dua karakteristik penting yang membedakan target penggunanya.

Saya kira Google Friend Connect menarget web site yang sama sekali belum memiliki fitur interaktifitas, atau pemiliknya tidak tech savvy. Oleh karena itu GFC dibuat sedemikian mudahnya dalam hal instalasi. Ini hanya dugaan, bisa jadi GFC tampak sedikit prematur karena diluncurkan sebelum jadwal resmi supaya tidak kehilangan momentum tren Connect/Data Availabilty. Padahal potensi yang tersimpan di belakangnya juga tak kecil. API untuk Connect belum nampak, ini bisa jadi daya tarik besar dan mungkin juga senjata andalan. Gadget yang selama ini tersedia di direktori iGoogle tidak banyak yang bersifat social dan benar-benar dibuat untuk FriendConnect. Jadi, patut ditunggu bagaimana nanti segala hal akan berubah setelah Google benar-benar secara lengkap meluncurkan Google FriendConnect.

Bagaimana dengan Facebook Connect? Facebook Connect ini bukan untuk fainthearted. Cara memakainya cukup susah, lihat saja videonya. Setup aplikasi, taruh HTML, ubah HTML, dan seterusnya. Ini ada di level yang jauh berbeda dengan cara instalasi Google FriendConnect. Tapi ada yang menarik yang membedakan Facebook Connect dengan GFC. Seperti yang ditulis Think.Web, Facebook sudah mempunyai Social Network yang siap di “eksploitasi”. Pengguna Facebook Connect akan segera mendapatkan keuntungan dengan adanya jaringan yang telah ia bentuk sebelumnya. Aktivitasnya di website yang memakai Facebook Connect pun bisa di-stream ke Facebook. Ini salah satu hal menggiurkan jika dipandang dari sudut promosi dan pembentukan komunitas.

Strategi keduanya masih belum terbuka selengkapnya. Adalah sangat menarik untuk melihat bagaimana keduanya akan berjalan. Akan lebih menarik lagi bagaimana pengguna akan memanfaatkan fitur ini. Tidak sekedar memanfaatkan dalam artian memakai, tapi juga dalam artian “hacking”: membawa penggunaannya ke level yang sama sekali beda dan mungkin tak pernah dipikirkan oleh pembuatnya. I’m so excited!

Bonus!

  • Ada fitur Google FriendConnect yang sudah pernah di-preview (lewat gadget developer toolbox) tapi belum bisa dikonsumsi publik. Namanya google friend activity. Ini mirip stream di facebook, MyBlogLog dan layanan lifestrem lain. Hanya saja sepertinya dibatasi pada aktivitas seputar iGadget. Semoga saja, pada saat keluar nanti, hasilnya tidak sekedar meniru tapi justru membawa a whole new game in lifestreaming!
  • Bagi pemilik self-hosted wordpress, plugin Sociable! bisa dipakai untuk menambahkan support Facebook Connect pada blog Anda. Plugin ini bisa Anda download dari sini.
  • NavinoT memakai keduanya, dan ¬†Anda bisa ikut bergabung untuk bersama mengeksplorasi seberapa jauh Google FriendConnect dan Facebook Connect mampu memberikan manfaat bagi kita.
  • Bloggingly menulis kekuatan dan kelemahan Google FriendConnect, FacebookConnect, MyBlogLog dan MyBlogCatalog