How to Be Great: Jangan Meniru Carrefour

How to Be Great: Jangan Meniru Carrefour

Istri saya kemarin menelpon, katanya lemari yang kami beli kemarin di Carrefour ternyata belum di antar. Setelah ditanyakan, masih dalam perjalanan katanya.

Kalau kita ingat, Seth Godin pernah menulis tentang bagaimana menjadi purple. Menjadi purple itu tidak sekedar memberikan kualitas standar tentunya, atau juga sekedar lebih baik sedikit. Menjadi purple adalah menjadi luar biasa. Dan luar biasa itu tidak harus selalu yang berlebihan. Luar biasa itu adalah kombinasi banyak hal dalam komposisi yang tepat. Makanan yang enak itu bukan yang cabenya sangat banyak, atau garamnya sangat sedikit. Makanan yang enak menggabungkan banyak hal, dalam berbakai macam takaran dan akhirnya diperoleh komposisi optimal. Itulah luar biasa!

Carrefour tidak luar biasa. Well, harus diakui saya memang lebih prefer Carrefour daripada hypermart yang lain karena Carrefour cenderung lebih lengkap dan rapi. Saat-saat pertama ke Carrefour, Carrefour tampak seperti “surga” yang membuat mata saya berkilat-kilat.

Sayang akhir-akhir ini mata saya sudah tak sering lagi berkilat. Mungkin karena sudah terbiasa, dan mungkin juga karena yang dahulu itu hanya kesan semu pertama. Apalagi setelah beberapa kali membeli furniture kecil di sana. Ada beberapa hal yang membuat Carrefour menjadi tak luar biasa, dan bahkan mungkin mengesalkan.

  • Pengantaran barang di seputar Tebet kena charge 45 ribu. Hello, Carrefour ini hanya 15 menit dari Tebet. Naik taksi pun hanya kena charge 15 ribu. Tidakkah kalian mengantarnya bersamaan dengan barang-barang yang lain? Tidak adakah anggaran “Carrefour baik hati” untuk menggratiskan layanan ini bagi pembeli?
  • Pasang sendiri. Ya, tidak ada layanan antar jadi. Tidak ada layanan “Carrefour sahabat Anda”
  • Tidak ada jaminan pengantar barang tidak minta ongkos lelah. Ya, “Carrefour menambah tagihan Anda” adalah satu-satunya hal gratis yang bisa saya terima.

Menjadi luar biasa itu tidak harus dibuat susah. Mudah saja, jangan meniru Carrefour.

Comments are closed.