Manfaat & Akibat Blog bagi Dunia Korporat

Sebenarnya ini adalah salah satu topik yang ingin saya bahas untuk New Wave Marketing, tapi kenyataannya sampai kemarin masih terdampar di deretan draft. Celetukan si Isya tentang blog internal perusahaan jadi mengingatkan saya kembali akan topik ini. Untuk kaum IT, jangan lewatkan sedikit catatan ringan di akhir artikel. Mari kita bahas uneg-uneg yang satu ini.

Blog sudah bukan rahasia lagi bagi para praktisi dunia maya sebagai media alternatif yang dahsyat. Kehadirannya lumayan diterima di kaum pengguna dan terbukti dengan banyaknya blog berbahasa Indonesia. Namun blog (ataupun situs) masih belum mendapatkan perhatian cukup bagi perusahaan ber-merk (terkenal), peduli itu perusahaan IT ataupun bukan. Meskipun sudah mulai diterapkan, tampaknya masih di prioritas bawah. Apa sih kendalanya? Dan apa saja manfaatnya?

Pertimbangan Manfaat vs. Akibat

Bagi orang awan penggunaan blog sudah banyak diterima dan manfaatnya sebagai media baru sudah mulai terasa. Namun hal ini masih menjadi pertimbangan berat bagi perusahaan pemegang merk, karena faktor akibat yang bisa ditimbulkan juga serius. Sebuah perusahaan bisa dibilang sebagai satu organisasi yang tertata rapi, pernyataan umum harus sama mulai atasan sampai bawahan. Belum lagi pertimbangan tentang intellectual property, marketing, timing, dan sebagainya. Blogger bawahan yang salah omong bisa menjadi masalah serius.

Siapa yang Menulis dan Apa yang Ditulis?

Dari pertimbangan di atas, perlu diputuskan siapa yang patut berbicara ke publik. Biasanya adalah pemimpin perusahaan, bagian humas, atau pemasaran. Tidak semua boleh menulis tentang apa yang terjadi di dalam suatu perusahaan. Hal kedua adalah apa yang harus di tulis dan bagaimana cara penyampaiannya. Blog sendiri adalah media baru dan perlu usaha serius untuk memasarkannya.

Pertimbangan Segmentasi Konsumen

Memang kita bisa mengarahkan kepada suatu komunitas untuk memasarkan produk kita. Tapi tidak semua produk (terutama di Indonesia) mempunyai konsumen yang paham internet. Contohnya saja provider selular yang sudah dekat dengan pemakai mobile internet, dan lain halnya dengan produsen pakaian kelas menengah bawah.

Blog sebagai Acuan

Sudah beberapa kali kita singgung tentang pentingnya untuk mempunyai markas di dunia maya. Salah satu manfaat blog adalah sebagai pusat dari segala informasi yang hendak disampaikan ke publik. Mungkin untuk press release atau chaos control, blog bisa dijadikan media informasi resmi dari pihak perusahaan kepada publik, termasuk wartawan, agar informasi tidak simpang siur.

Sedikit di Luar Ruang Lingkup

Berikut beberapa manfaat suatu blog yang bisa jadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk mulai dijalankan:

  • Membentuk komunitas dari konsumennya
  • Sarana riset untuk mendeteksi produk yang diinginkan konsumen
  • Sarana menampung keluhan (daripada mengeluh sendirian)
  • Meningkatkan brand awareness lewat kegiatan-kegiatan online

Tentu saja masih banyak lagi manfaatnya. Sekarang tinggal tunggu saja (sambil berusaha) agar perusahaan besar lebih menerima kehadiran media internet. Tentunya bisa merembet ke hal-hal positif lainnya. Bila anda adalah bagian manajemen suatu perusahaan, apa pendapat anda tentang blogging untuk korporat? Mari kita berbagi.

PS: Mungkin artikel ini sangat berbau korporat dan marketing, tapi para pembaca IT bisa juga mengganti ‘perusahaan’ dengan ‘produk aplikasi’ yang berusaha dipasarkannya.