Di Mana Posisi Blogging Saat Ini?

Di Mana Posisi Blogging Saat Ini?

Blogging saat ini sudah sangat berbeda dengan blogging pada awal-awal blogging dimulai. Blogging jaman dahulu bisa memberikan pengaruh sangat besar hanya dengan sedikit aksi. Blog tak perlu banyak bertingkah, dan mungkin tak memerlukan marketing seperti halnya blog-blog saat ini.

Kecuali Anda adalah artis, kemungkinan besar Anda akan memerlukan usaha ekstra supaya blog Anda dibaca orang. Jaman dahulu tidak seperti ini. Jaman dahulu, belum banyak terdapat blog. Oleh karena itu, blog pasti dicari dan dikunjungi orang. Saat itu blog benar-benar menjadi media alternatif yang sama sekali tidak se-mainstream saat ini.

Saat ini blog terlalu mudah dibuat, dan terlalu banyak orang yang termotivasi untuk membuatnya. Akibatnya, tidak hanya CEO saja yang melakukan blogging. Anak-anak SD pun sudah akrab dengan blogging. Suara-suara alternatif yang dulu gampang dilihat kini bercampur dengan banyak suara lain yang dianggap sebagai derau. The truth is out there masih berlaku namun, saat ini, nobody knows which truth anymore.

Lalu, apa kedudukan blog saat ini. Apakah sama dengan fungsi dan manfaatnya di masa lampau? Apakah blog masih bisa menjadi pemenuh kata-kata: The truth is out there?

Berikut ini kita coba membahas lima poin yang menjadi fungsi blog jaman dahulu dan akan kita coba bandingkan dengan keadaan saat ini.

Talk Don’t Sell. Blog jaman dahulu dipakai untuk berkomunikasi. Meneruskan informasi dari dalam ke luar. Untuk mengenalkan diri dan membentuk image serta relasi. Tidak ada kegiatan menjual secara langsung. Ini tentunya berbeda dengan apa yang kita lihat saat ini. Memang, masih ada porsi dari blogosphere yang hanya “talk”, tapi sebagian besar sisanya berkegiatan “sell”. Baik itu menjual ruang layar demi uang iklan atau menjual barang yang berwujud.

Post often and be interesting. Sepertinya hal ini berlaku dari dulu dan sekarang. Bedanya mungkin sekarang kewajiban untuk menjadi interesting menjadi lebih tinggi karena persaingan yang juga makin ketat. Tidak hanya personal, kegiatan blogging juga bisa dilakukan dalam tim professional yang by bound and leap bisa menggilas individual blogger yang jarang menulis dan sewaktu sekali menulis hanya menampilkan lirik lagu tanpa bahasan apapun.

Writes on issues you know and care about. Blog di masa dulu mungkin sangatlah serius karena hanya orang yang serius saja yang mau menyempatkan diri melakukan blogging. Pun tak serius, pasti passion penulis akan mudah ditengarai dalam tulisan-tulisannya. Saat ini, setiap orang sepertinya punya terlalu banyak waktu untuk blogging. Dan terkadang passion untuk blogging melengahkan dan membuat blogger menulis alakadarnya. Atau lebih parah, passion tidak ada dan tulisannya hanya sekedar mengisi layar kosong.

Blogging saves money but costs time. Blogging saat itu benar-benar menggantikan sebagian besar anggaran iklan dan Public Relation. Efeknya benar-benar bisa siknifikan. Walau sebenarnya, blogging menghabiskan waktu karena blogging berarti bergabung dalam percakapan. Berarti membaca blog lain, meninggalkan komentar, melakukan riset dan sebagainya. Saat ini mungkin goalnya masih sama namun poin conversation kadan-kadang terlupa. Hal ini terjadi baik pada level individual maupun korporat. Itulah mungkin yang menjadikan masih larisnya topik: ”Mengapa komentar di blog saya masih sedikit?”. My homework too, apparently.

You get smarter by listening to what people tell you. Blog bukanlah corong satu arah. Sebaliknya, blog menjadi forum tempat berbicara dan mendengarkan. Kegiatan mendengarkan, saat ini, kadang sering terlupa karena kita terlalu fokus dengan kegiatan penegakan authority/expertise. Ujungnya blogger malah resistant terhadap komentar yang berlawanan dengan apa yang ditulisnya.

Lima poin di atas adalah juga lima poin tanda kesuksesan blog-blog di masa lampau. Poin-poin ini bisa kita baca di buku Naked Conversation. Bagaimana pendapatmu, apakah blogging saat ini masih sama dengan blogging yang dilakukan orang di masa dulu? Kemana kira-kira blogging akan mengarah?

Comments are closed.