Inquistr: Blogging Predictions for 2009

Inquistr: Blogging Predictions for 2009

Di antara 10 poin prediksi dunia blogging di tahun 2009 yang dikeluarkan oleh The Inquistr, saya hanya setuju beberapa saja. Mari kita bahas bersama masing-masing poin yang ada.

  1. The rise of Uberblogs. Saya kurang yakin. Blogging dan microblogging saat ini sedang bertarik ulur. Dan bisa jadi yang dulunya blogger terkenal akan berpindah markas ke salah satu channel microblogging atau yang lain. Seperti Robert Scoble yang tampaknya sudah nyaman dengan Friendfeed yang kini sudah tampak seperti official channel-nya.
  2. Increased uptake in Commenting 2.0 services. Ya, salah value yang sebenarnya dari Web 2.0 adalah conversation. Sudah lama blog telah populer tapi komentar pembaca mungkin belum pernah mendapatkan porsi cukup padahal komentar adalah bagian penting dari conversation.
  3. Consolidation in Commenting 2.0 services/acquisitions. Untuk konsolidasi mungkin akan terlalu dini. Belum banyak alternatif layanan agregat atau tracking komentar saat ini. Dugaan saya, alih-alh konsolidasi, penyedia layanan commenting 2.0 akan sekedar berhati-hati supaya bisa survive di 2009. Akuisisi? Hmm, mungkin akan jadi langkah yang banyak mendapat sorotan jika dilakukan di 2009.
  4. Facebook to become major blog service player. Walau memang Facebook Connect tampak lebih punya potensi dibanding Google Friend Connect, tak berarti Facebook akan menyisihkan banyak anggaran ke fitur ini. It will be a lot wait and see, menunggu bagaimana pengguna Facebook Connect dan Google Friend Connect mengeksploitasi fitur ini sampai ke limitnya masing-masing. Dari sini barulah raksasa-raksasa ini akan membuat keputusan.
  5. The traditional blog layout will decline. Tidak semudah itu sepertinya. Walau magazine layout tampaknya akan naik kepopulerannya, tidak semua orang memiliki kemampuan teknis untuk membuat atau memanfaatkannya. Plus, model non tradisional ini menuntut budaya blogging yang agak berbeda. Jika tren layout memang akan berubah, mungkin akan lebih mengakomodasi lifestream.
  6. Technorati will be acquired. Hmm, yang ini susah. Saya kurang begitu mengerti seberapa besar valuasi Technorati. Tidak banyak hal baru dari Technorati belakangan ini. Anda aktif memakai Technorati untuk keperluan selain ping?
  7. SixApart overhauls MovableType, becomes a player again. Saya cukup setuju dengan poin ini. Mengingat Motion yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Dan memang seperitnya, hal yang cukup dicari orang dalam dunia lifestreaming adalah kepemilikan data. Data yang tersebar di berbagai layanan web 2.0 berpotensi hilang saat provider mengalami masalah. Mungkin agak paranoid, tapi pasti ada yang memiliki pikiran semacam itu. MoveableType telah di-overhaul menjadi one-stop lifestream platform, diarahkan ke mirror dari lifestream yang sudah ada. Tentu, ini akan meningkatkan valuasinya di pasar. Semua akan melirik kembali.
  8. Widget providers will fall. Widget is dying already. Nowhere else to go. Pun berkembang, sepertinya widget-widget platform ini akan berkiblat ke Google Gadget. iGoogle FTW? (catatan: saya tidak aktif memakai iGoogle)
  9. Old Media will acquire a record number of blogs. Ini saya setuju. Untuk memenangkan kembali pembaca yang telah berpindah hati ke blogs, Old Media akan merekrut, mengakuisi, atau sekedar bekerja sama dengan blog-blog yang sudah diakui pembacanya. Anda sudah siap dilamar Old Media?
  10. The Inquisitr will become Australia’s largest independent blog by traffic. No comment lah untuk ini. Ini lebih tampak seperti wishlist dari pada prediksi :p

Apa prediksi Anda tentang blogging di 2009? Jangan lewatkan juga esok, prediksi 2009 versi NavinoT 😉

Comments are closed.