Prediksi Web 2009

Prediksi Web 2009

Melihat tren internet dan aplikasi di 2008, membuat pikiran ini gatal untuk menerka. Apa yang kira2 akan terjadi di 2009. Dengan mempertimbangkan persaingan yang semakin ketat, dominasi pemain besar, dan krisis global yang melanda, tidak ada salahnya bila kita saling bertukar pikiran demi persiapan kita sendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang terlintas:

  • Tahun 2009 masih akan penuh dominasi Google dan Facebook. Sudah bukan rahasia lagi, Google adalah brand nomor satu di internet, apapun gerak gerik mereka, pasti akan menimbulkan banyak reaksi. Sedangkan Facebook mungkin masih menjadi idola calon IPO di 2009 (setelah terbukti dengan bisnis model yang kongkrit).
  • Perang antara Google FriendConnect & Facebook Connect, akan membuat apilkasi jadi lebih terbuka, sehingga pengguna lebih leluasa berpindah aplikasi. Apa yang terjdi dengan OpenID?
  • Dominasi berbagai platform, seperti Facebook App, iPhone, Adobe AIR, akan mengambil perhatian para pengembang piranti lunak, bahkan para investor kecil.
  • Merger & Acquisitions – Tahun 2008 merupakan tahun yang buruk, termasuk sektor teknologi dan startup. Jadi akan banyak perusahaan yang kembang-kempis dan menjadi target akuisisi yang murah.
  • Layanan Cloud Computing, seperti Amazon Web Service, akan lebih banyak diterima di 2009. Karena faktor biaya dan potensinya untuk berskala.
  • Twitter yang masih kesulitan dengan menemukan bisnis modelnya akan menjadi sasara empuk untuk diakuisisi.
  • Blog Network akan bermunculan, termasuk di Indonesia, dengan mengumpulkan berbagai niche blog.
  • Aplikasi Mobile akan berkembang banyak, karena pemakaian gadget seperti iPhone, Blackberry, dan netbook jadi berkembang.
  • Perkembangan lebih jauh di dalam kategori Content Filtering, baik untuk blog, artikel, atau komentar.
  • Yahoo! akan semakin pudar bila tidak melakukan langkah pasti dengan aset-asetnya.

Berikut beberapa tambahan dari si Toni:

  • 2009 will be another “Year for Linux Desktop” ;). Nope. The truth is KDE 4.x will be in a good shape for a migration from 3.x. And with Gnome aiming for mobile platform, it might be just the year for Linux desktop/mobile. Ya, 2009 bakal jadi tahun yang lain bagi “Inilah tahun untuk Linux Desktop” ;). Hehe. Mungkin lebih tepat jadi tahun di mana KDE 4.x akan benar-benar siap untuk mengakomodasi migrasi pengguna KDE 3.x
  • Trolltech/Nokia will finally gain its long dreamed mobile phone market share by releasing a fully ported Qt 4.x for S60. We’ll discuss about this soon. Kegagalan Greenphone tempo lalu sepertinya bakal dibalaskan dendamnya. Porting Qt 4.x ke platform S60 akan membawa perubahan besar di dunia mobile. Ujung-ujungnya mimpi Trolltech untuk bermain di pasar mobile bakal terwujud. Tunggu artikelnya kenapa hal ini memungkinkan.
  • WordPress. Yes, WordPress will definitely release a whole new experience using 3.0. Expect a full overhaul of 2.x with Motion twist. Sudah pasti WordPress akan meluncurkan versi baru. Tapi rilis yang itu-itu saja bakal dirombak budayanya. Tahun ini sudah waktunya WordPress berganti rupa. Ada limit dalam pengembangan blogging platform. Akan ada haluan pengembangan baru. Sesuatu yang mirip Motion mungkin.
  • Apple. Aulia has predicted a 5″ form factor device in makemac.com. I won’t expect much from Apple until late 2009. Kindle-like device is my guess but in the same time I think it’ll be half assed for an Apple reputation. Bukan Apple kalau tidak bisa membuat kita jantungan dengan rilis-rilis hardware baru. Aulia memprediksi di situs makemac.com bahwa Apple akan mengeluarkan device dengan form factor 5″. Kalau saya sih lebih menduga Apple bakal bikin Kindle. Tapi kok ya rada gk mungkin buat reputasi sekeren Apple untuk sekedar bikin Kindle.
  • A whole new breed of mobile device based community will have a its year in Indonesia. 3G coverage will be much better, supported will low 3G internet and device pricing. Don’t put your hope on WiMax, I have warned you. 3G saat ini sudah murah buat konsumen, walau investasi di sisi operator bisa bikin nangis darah. Murahnya 3G ini akan memuculkan berbagai komunitas berbasis mobile device di Indonesia. Bukan komunitas Sony Ericsson atau Blackberry, tapi komunitas yang totally mobile. Soal WiMax, lupakan saja.
  • More web app boom in Indonesia because links to them start becoming active. People-shock happens only to notice that there are actually many Indonesian web apps. Karena semakin banyak orang yang bisa online dan saling bertemu di jejaring, akhirnya aplikasi-aplikasi lokal yang dulunya tidak kelihatan akhirnya terkuak ke permukaan. Dan orang-orang akan kaget betapa banyaknya karya anak Indonesia.
Comments are closed.