Nokia, Qt mau ke mana?

Seperti yang saya janjikan dalam artikel prediksi Internet 2009. Berikut ini kita akan berbicara tentang Qt.

Qt (produk Trolltech ) sudah lama tersedia di Linux dan juga Mac. Qt dipakai secara intensif dalam proyek KDE untuk menciptakan dekstop mumpuni dalam idealisme pengembang KDE. Evolusi Qt tidak berhenti. Kira-kira satu-dua tahun kemarin, Qt 4 diluncurkan dan tidak hanya tersedia di Linux dan Mac saja tetapi juga di Windows.

Tidak saja berfokus di segmen desktop, Qt juga mempunyai versi yang didedikasikan ke platform mobile yaitu Qtopia. Sayangnya Qtopia ini tidak begitu sukses di pasar. Greenphone yang diluncurkan Trolltech dalam rangka mencicipi pasar mobile device pun tidak menuai sukses.

Lalu, tiba-tiba Nokia mengakuisisi Trolltech. Ini adalah langkah yang mungkin tak pernah diduga orang. Qt tidak tampak memiliki produk yang tepat untuk produk-produk Nokia. Lagipula Nokia sudah memiliki Maemo/Hildon (Debian, GTK/GNOME) yang memotori N800. Apakah ini berarti Nokia akan membidik segmen desktop? Dimanakah posisi Qt dalam lini produk Nokia.

Peristiwa baru-baru ini mungkin bisa menjawab teka-teki ini. UIQ bangkrut! UIQ yang banyak dipakai oleh smartphone terutama Sony Ericsson dan Motorola menyatakan bangkrut. Jangan-jangan Nokia sudah mencium hal ini sejak tahun lalu, yang kemudian memicu Nokia untuk mengakuisisi Trolltech? Jika iya, tampaknya Qt akan diarahkan ke pasar untuk menggantikan UIQ. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa segmen mobile lain juga akan dimasuki Qt. Tapi agak sulit ditebak, mengingat adanya Maemo yang telah bercokol di lini high-end product.

Baru-baru ini Plasmoid di KDE sudah mensupport Javascript. Selain akan menginisiasi merebaknya Plasmoid di desktop, fitur ini tentunya akan sangat menggiurkan untuk di pasang di mobile device. Berhubung Qt sudah available di S60 (paling tidak pre-release-nya), tinggal menunggu waktu saja bagi KDE untuk diport ke S60. Mungkin tidak semudah yang dibayangkan, tapi akan sangat menarik bagaimana kira-kira KDE akan tersedia di smartphone.

Apakah ini memang langkah yang hendak ditempuh Nokia? Kemana kira-kira Qt akan dibawa?

9 comments
BudiTyas
BudiTyas

Yup. Dan itu bukan milik google. Jadi google tdk bertaruh apa2 di androidnya. Core biz google bkn d situ. Lain halnya dgn microsoft. WinMobile jd sangat penting klo ngeliat makin sempitnya gap hp n pc. Ga mungkin rasanya mcrosoft tinggal diam smentara penghidupan utamanya terancam. Langkah microsoft n mitra2 manufacturenya layak ditunggu. Yg jelas bukan di 2009. Rugi gembar gembor di 2009. Selain ekonomi lg nggak bagus, ancaman hp thd pc blm terlalu besar. Paling 2010 ntar baru keliatan langkah microsof yg sesungguhnya.

agionagile
agionagile

@BudyTyas
versi pc-nya android ya linux. di dalam android ada linux kernel 2.6, sama seperti kernel pada semua distro linux modern saat ini.
android bermula dari handset kemudian naik ke perangkat yg lebih gede seperti netbook (dan mungkin laptop), sedangkan win mobile dan iphone justru kebalikannya.

BudiTyas
BudiTyas

Karena saya melihat Sony, samsung, & banyak lagi mulai melangkah ke win mobile. Software iphone, seperi juga OS mac, exclusive buat apple sdr, dgn maksimalisasi ke mac tentunya. Soft & hardware dikangkangi sendiri.

Android, meski menarik, tp tetap tdk punya basis OS PC. Prediksi saya sih android tdk akan melangkah terlalu jauh, skedar menambah daya tawar Google aja di sisi hardware manufakturer, biar ada kans nyaingi microsoft.

Symbian? Simbian itu identik nokia, tapi nokia masa lalu. Klo mau maju tempur ke depannya ya nokia kudu beli kayak Qt tadi. Itupun prediksi saya ga akan memperpanjang nafas terlalu lama.

Blackbery tu trend industri, menarik karena layanan emailnya. Jd keren krn pasar n gengsinya. Tdk lebih dari itu, n ke depan bisa ditiru. Ada isyu mo dibeli microsof, tapi buat apa? Microsot cukup banyak tenaga ahli utk buat soft sendiri, sedang hardware, cina murah2.., banyak yg mo support.

Win Mobile? Masa lalu mungkin terkesan lambat krn hardware blm mendukung, lebih enteng symbian. Tp masa depan nggak lagi. Apalagi nanti pas win 7 diluncurkan n diikuti win mobile 7. Dan lagi, microsof nggak mau ikut2 bikin hardware n commit di software dan sudah benar2 teruji jangka panjang. Itu yg bikin tentram Sony, samsung, n manufacture besar lain. Kalo win mobile nggak punya masa depan & pendukung, saat ini mungkin microsoft udah punya HP sendiri. Coba deh lihat dlm garis besar...

Amir Karimuddin
Amir Karimuddin

Gak ngerti kenapa kok BudiTyas membandingkan Nokia (Symbian) dengan Microsoft (dengan Windows Mobile), karena trigger "smartphone war" sekarang itu justru iPhone dan Android. Kenyataan membuktikan suporter Win Mobile sekarang tinggal HTC yang bener2 loyal dan di US sendiri total share Win Mobile cuma no 4, di bawah BlackBerry, iPhone, dan Symbian.

Masih mau membela Win Mobile?

BudiTyas
BudiTyas

Khas nokia sbenarnya di kesederhanaan. Tp pasar masa depan butuh kelengkapan. Saat semua ambil langkah cepat beralih ke Windows mobile, Nokia sbg leader di pasar ponsel nampaknya nggak rela kekhasannya hilang.

Klo Nokia yg raja jg ambil langkah spt Sony,..wah, alamat bubar cepat kerajaan nokia. Nggak ada bedanya lagi sama yg lain. Masa depan HP praktis akan identik dgn PC.

Langkah yg ini sebenarnya judi, tp jg ga rugi - rugi amat. Toh misal Gadget berbasis Win mobile tetap menang, Nokia tinggal balik arah aja, ga repot. Ada waktunya sendiri2 sebelum akhirnya nokia menyerah juga sama microsoft...

Amir Karimuddin
Amir Karimuddin

Wah, ini mengambil ranah kami :D
Again, masih kabur memang soal Qt, saya wait n see sajah..

rama
rama

mantap neh, semua teknologi web udah dibawa ke desktop! Web-based Desktop?? Hahaha, that would be cool.. very cool.

yodi
yodi

Memang membuat penasaran ketika vendor besar sekelas Nokia membeli Qt. Ramalan saya, akhir tahun 2009 nanti mulai tercium proyek-proyek Nokia berbasis Qt yang sebenarnya.