Design & Usability: Kendala & Manfaatnya

Design & Usability: Kendala & Manfaatnya

Peduli anda seorang blogger sukses, ataupun pemula, tentu urusan penampilan merupakan hal penting yang patut diperhitungkan. Nyatanya, anda tidak sembarangan memilih theme blog anda khan? Tentunya keputusan tersebut telah melewati serangkaian proses, dan belum tentu anda telah puas.

Selain membangun persepsi yang positif (profesional), tampilan blog juga mempunyai efek terhadap kinerja blog tersebut. Hasil dari perubahan tampilan bisa mendongkrak jumlah pengunjung dan pageview, atau bahkan menjatuhkan. Inilah faktor Design & Usability yang berusaha kita tekankan, yaitu blog dengan kinerja yang lebih baik.

Unsur Seni Semata

Salah satu kendala utama dalam penilaian tampilan adalah unsur seni, yaitu suatu yang susah dicerna dan tidak bisa dirumuskan secara langsung. Oleh karena itu, jangan terpaku dengan penilaian orang akan keindahan blog/situs anda, tapi lebih menekankan pada kemudahan penggunaan.

Pertimbangan Trafik Tambahan

MyBlogLog, Google FriendConnect, atau Facebook Connect, pada dasarnya mempunyai dampak dan iming-iming yang sama, yaitu pengingkatan trafik. Hal ini membuat blog anda penuh dengan pernak-pernik widget baru. Konsekuensinya, pengunjung blog anda jadi kurang terfokus ke artikel utama atau link lain yang berguna meningkatkan pageview. Nah yang menjadi pekerjaan rumah adalah melakukan pertimbangan, apakah widget tersebut benar-benar meningkatkan trafik? Cobalah melepas satu widget selama 1-2 minggu secara bergantian untuk mengevaluasi widget mana yang paling bermanfaat.

Peluang Iklan

Duit adalah salah satu alasan utama untuk blogging. Salah satu caranya adalah memasang banner iklan atau afiliasi. Tahukah anda bahwa persentase klik untuk suatu banner itu rata-rata hanya 2%. Bila dibandingkan dengan trafik anda sekarang, apakah penghasilannya sepadan?

Penambah Nilai

Tampilan suatu blog bisa diibaratkan sebagai kemasan produk. Lebih cantik, lebih menarik. Lebih enak dinikmati, lebih sering dan lama dikunjungi. Banyak faktor, mulai dari pilihan warna sampai bentuk huruf, bisa mempengaruhi kenyamanan suatu blog/situs untuk dinikmati. Sudahkan anda mempertimbangkan hal ini? Silahkan simak satu artikel yang pernah saya bahas di blog lama.

Fokus ke Hidangan Utama

Peduli dari mana seorang pengunjung masuk, yang jadi perhatian pertama adalah artikel utama. Inilah kesempatan pertama untuk menarik perhatian pengunjung. Dengan tatanan yang rapi, perhatian pengunjung secara ideal adalah hidangan utama, yaitu artikel tulisan anda. Bila disukai, bukankah ini alasan nomor satu untuk berlangganan?

Meningkatkan Pageview

Dengan dukungan kualitas artikel yang bermutu, pengunjung baru jadi haus akan artikel lainnya. Banyak blog menggunakan plugin khusus untuk menyodorkan artikel terkait, atau artikel populer lainnya. Peranan tatanan blog tentunya juga membantu pengguna untuk lebih fokus ke hal-hal tersebut.

Membantu Penyebaran Berita

Bila pengunjung telah melewati 2 rintangan di atas, maka boleh dibilang tujuan anda lewat Design & Usability telah sukses. Tentu saja masih banyak hal yang bisa dicapai dari usaha ini. Salah satu bonusnya adalah penyebaran berita lewat widget-widget social bookmarking.

Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Di era social media, pelanggan adalah alat utama penyebaran berita. Oleh karena itu, saya lebih beranggapan bahwa pembaca setia jauh lebih berharga daripada klik iklan. Oleh karena itu janganlah lupa untuk menyodorkan tawaran untuk berlangganan lewat RSS atau Email.

Tanyalah diri anda sendiri, artikel dengan blog tipe apakah yang sering anda rekomendasikan? Kesempatana selanjutnya, kita akan membahas serangkaian daftar untuk menilai design & usability blog anda masing-masing.

PS: Artikel ini sebenarnya adalah peringatan terhadap NavinoT sendiri untuk melakukan beberapa modifikasi kecil yang berkaitan dengan Design & Usability. Berhubung kesibukan masing-masing penulis, semoga tujuan ini bisa tercapai akhir minggu ini. 🙂

Comments are closed.