Social: Kata Kunci Yang Sering Terlupakan

Social: Kata Kunci Yang Sering Terlupakan

Capek dengan ajakan berteman yang berakhir dengan penawaran? Terutama yang berkaitan dengan internet marketing atau MLM? Satu fenomena yang semakin identik dengan social media, termasuk juga social networking.

Pedoman “Banyak teman, banyak duit” sudah menjadi senjata utama para pelaku MLM dan para internet marketer. Serunya lagi, pedoman ini semakin lengket dengan arti internet marketing yang sebenarnya, terutama yang berkaitan dengan tsrategi pemasaran lewat social media.

Social media adalah media alternatif yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi secara horizontal, berbeda dengan media tradisional yang cenderung lebih searah dan vertikal. Karena tiap pengguna mempunyai kebebasan untuk bersuara, termasuk beriklan dan melakukan penawaran, media ini menjadi semakin laris untuk tujuan promosi.

Sayangnya promosi yang dilakukan masih bersifat tradisional, kuno, dan kurang strategi. Blog adalah salah satu bentuk social media yang semakin ramai karena adanya kesempatan untuk mengeruk dollar, setidaknya begitulah cerita dan harapannya. Tidak sedikit pula, pelaku bisnis yang melakukan promosi dengan teknik “pukul rata”, termasuk para caleg yang mengajak berteman lewat di jejaring sosial. Ah, politik di social media!

Di era informasi, pengguna sudah cukup terdidik dengan banyaknya informasi yang lalu lalang. Sehingga teknik “pukul rata” tadi sudah tidak efektif lagi, bahkan akan membangun citra buruk bagi pelakunya (spam). Di media baru ini, pengguna lebih mempunyai kuasa, termasuk hak untuk menentukan pertemanan.

Social media itu komunikasi – Banyak yang masih tidak mengerti, bahwa salah satu unsur penting social media itu adalah komunikasi. Setiap individu mempunyai hak yang sama untuk bersuara, membangun reputasi, atau menjalin hubungan baru secara efektif, tanpa batasan ruang dan waktu.

Social media itu untuk sharing – Dengan berbagi hal-hal yang menarik, termasuk hasil karya anda sendiri (tanpa bandrol harga) dan karya orang lain di komunitas anda. Entah lewat blog, atau portfolio online.

Social media untuk networking – Banyak layanan social network yang lumayan spesifik untuk industri tertentu yang bisa menjadi ajang untuk berkenalan dengan orang lain di industri yang sama. Dengan menjalin hubungan adalah salah satu langkah awal untuk penyebaran berita.

Intinya, direct selling di social media itu menyebalkan! Untuk kepentingan pemasaran, diperlukan teknik khusus dan strategi yang tepat. Kreatifitas dalam penerapan memegang peranan besar, dan yang paling penting, Kesuksesan tidak bisa langsung diukur lewat ROI.

Sekali lagi, jangan lupa untuk bersosialisasi! 🙂

Comments are closed.