Beberapa Cara Memandang Kompetisi

Beberapa Cara Memandang Kompetisi

Kompetisi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, baik di dunia bisnis atau keberadaan kita sebagai manusia. Tentu saja hal yang satu ini merupakan pilihan, entah untuk ikutan bersaing atau tinggal diam dan puas dengan keadaan yang ada.

Namun beberapa orang memandang hal ini suatu yang serius, bahkan hal yang menakutkan, terutama di dunia bisnis yang penuh gejolak untuk saling menjatuhkan lawan. Kompetisi juga tidak luput mewarnai dunia teknologi informasi, untuk menjadi yang terbaik, tercepat, atau tercanggih.

Blogger dan developer juga tidak luput dengan hal yang satu ini. Yang setiap harinya berkarya, tentunya ingin menjadi yang terbaik dan membuahkan hasil yang lebih memuaskan. Tergantung cara kita melihat permasalahan, urusan kompetisi juga bisa membawa nilai positif.

Persaingan Itu Guru

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari pesaing kita, mulai dari cara memperkenalkan produk, promosi, sampai cara menangani publikasi buruk. Memang banyak hal yang menentukan suskes tidaknya suatu bisnis. Dengan perhatian yang jeli, banyak pelajaran berharga bisa kita peroleh dari kasus yang ada. Terutama di jaman internet, hampir semua informasi dan sejarah bisa ditelusuri lewat mesin pencari.

Pembuka Jalan

Untuk mencoba suatu yang baru merupakan langkah yang penuh resiko. Tidak ada yang bisa kita jadikan panutan. Dengan adanya pesaing yang terjun terlebih dahulu, sang pesaing bisa memberikan pendidikan ekstra kepada pasar atau konsumen, yang nantinya tidak perlu kita ulang lagi. “Saya punya produk yang sama, tapi lebih baik!”

Sarana Uji Coba

Dengan begitu banyak produk dan layanan, kita tentu bisa mengadakan serangkaian uji coba. Belajarlah dari kegagalan orang lain, untuk membuat suatu produk/layanan yang lebih baik dari semua yang telah ada.

Sumber Motivasi

Kadang duduk di puncak tanpa gangguan membuat kita lengah. Kita jadi lebih santai, karena tidak ada pihak lain yang menggangu kedudukan kita. Lain halnya bila persaingan selalu mendekat, sehingga kita selalu kerja keras memutar otak untuk tetap memimpin.

Itulah sedikit pandangan tentang kompetisi. Hal-hal yang bisa kita ambil hikmah, tidak hanya menjadi momok.

Apakah anda mempunyai pandangan lain tentang kompetisi?

Comments are closed.