SEO: Masih Berharga Dikejar?

SEO: Masih Berharga Dikejar?

The Chase

Menjadi nomer satu di mesin pencari memang menjadi idaman banyak orang. Bagaimana tidak, menjadi nomer satu berarti lebih banyak trafik dan ujungnya lebih banyak peluang konversi — walau tidak selalu jadi jaminan. Ketika semua berlomba menjadi nomor satu, maka relevansi pun diakali (relevancy gaming). Bukan tidak mungkin, pada halaman pertama mesin pencari semua hasilnya adalah situs link bait. Nothing is relevant anymore.

Hari minggu kemarin, melihat log StatPress di NavinoT, saya tertarik dengan salah satu referer. Rupanya referer ini datang dari pencarian dengan kata kunci “senjata AU” di Google lewat perangkat Sony Ericsson. Saya coba search ulang di google lewat laptop, ternyata NavinoT tidak muncul di halaman pertama.

Oke, apakah Anda berpikiran seperti saya? Yes. Ternyata mobile view adalah niche tersendiri. Ketika semua orang berlomba menjadi nomer satu di Google.com, ternyata banyak yang melewatkan perihal search lewat mobile.

Is that all? Tunggu, masih ada lagi. Selain search engine, di mana kira-kira orang menghabiskan waktunya? Social Network! Ya, kadang kala akibat begitu nyamannya kita ber-sosialisasi di Facebook dan social network lain, kita pun akan malas membuka tab baru hanya untuk mencari sesuatu. Kita akan mulai berharap semua bisa dilakukan dari dalam Facebook. Sama seperti saat kita berkeinginan semua bisa dilakukan dengan browser.

Saat ini kita sudah bisa melakukan aktifitas blogging, photo sharing, berkelompok (group), chatting, dan lain-lain. Dan akhirnya kita akan meminta searching. Hmm, tunggu sebentar. Di Facebook bukannya tidak ada yang layak di-search?

That’s it! Anda menemukan kuncinya. Tidak ada, tidak berarti tidak akan terjadi. Ingat, web tidak dimulai dari search engine. Search engine ada, karena ada kebutuhan akibat tersedianya konten. Facebook walled garden akan menjadi the next private web. Ketika ini terjadi, di mana Anda ingin berada? Nomer satu di Facebook atau “bukan siapa-siapa” di Facebook?

Comments are closed.