Promosi di Facebook: Mengertilah Aturan Main!

Promosi di Facebook: Mengertilah Aturan Main!

train

Dengan semakin populernya Facebook, semakin terasa imbasnya bagi para komunitas maya. Ajang mencari teman lama sudah menjadi alasan utama dalam penggunaan Facebook. Bahkan dunia korporat dan pelaku politik telah mulai melirik Facebook sebagai media promosi. Sayangnya, banyak pihak masih belum juga mengerti aturan main, serta strategi penggunaan layanan Facebook yang benar dan efisien.

Salah satu contoh sederhana adalah praktek “ajakan berteman” dari profil politikus atau pemegang merk. Kalau suasana hati lagi baik, mungkin terima saja dengan anggapan diri anda semakin terkenal. Tapi, kalau suasana hati lagi jelek, terasa mengganggu benar orang-orang semacam ini. Saya yakin para pengguna Facebook pasti sering mendapati situasi tersebut.

Apakah praktek “ajakan berteman” begitu efektif untk berpromosi?

Aturan Main

Berikut beberapa aturan main dalam layanan Facebook yang patut anda perhatikan sebelum memulai praktek anda:

Facebook Profile – Dari awalnya Facebook memang terkenal dengan fitur-fitur yang menghargai privacy penggunanya, suatu yang tidak terlalu diperhatikan oleh MySpace. Sehingga profil-profil Facebook mempunyai batasan-batasan yang mencegah publik untuk saling melirik profil sesamanya. Hal ini juga berlaku dengan keberadaan halaman profil di mata mesin pencari. Akses ke profil Facebook sangat dibatasi oleh batasan jaringan dan geografi, sehingga boleh dibilang semi tertutup.

Facebook Group – Selain untuk kebutuhan pribadi, juga tersedia layanan Facebook Group, yang cocok untuk membentuk semacam perkumpulan. Di sini sang pemilik grup bisa dengan bebas membatasi akses dan penggunaan oleh anggotanya, serta melakukan diskusi dalam komunitasnya. Pemilik akun juga diperbolehkan untuk mengirim pesan lewat sistem Facebook.

Facebook Pages – Untuk layanan yang terakhir ini lebih diperuntukan bagi para pemegang merk dengan membuat profil khusus yang memperbolehkan anggota Facebook untuk menjadi fans profil merk tersebut. Layanan ini juga memperbolehkan pemilik akun untuk mengirim pesan langsung ke para fans, meskipun hanya muncul sebagai update.

Di sini bisa terlihat jelas bahwa Facebook telah mempertimbangkan kebutuhan masing-masing pengguna, mulai dari kebutuhan pribadi sampai korporat.

Facebook Terms of Service

Berdasarkan kebijakan layanan, sudah jelas bahwa Facebook melarang penggunaan halaman profil untuk kepentingan komersial, yang berarti iklan atau promosi. Bahkan nama yang digunakan juga harus nama asli, meskipun dalam prakteknya masih susah diterapkan.

Hal ini sudah merupakan larangan jelas bagi pemegang merk untuk melakukan praktek promosi “ajakan berteman”. Selain bisa dianggap spam, penggunaan secara komersial itu tidak diperbolehkan.

Apakah “Ajakan Berteman” itu Efektif?

Untuk menambah teman dengan aturan yang benar, penggunaan robot tidak diperbolehkan. Sehingga mau tidak mau harus dilakukan secara manual, capek bukan?! Belum lagi koneksi internet yang kadang nyala (bukan kadang mati).

Yang lebih penting untuk digaris bawahi adalah, praktek ini merupakan contoh penggunaan social media yang salah. Idealnya, para fans atau komunitas yang seharusnya menyebarluaskan profil anda, bukan anda memaksa mereka.

Tanyalah diri anda sendiri, apakah suka menerima ajakan berteman dari profil yang tak dikenal? Kalau anda berpikir selama ini aman-aman saja melakukan praktek “ajakan berteman”, bagaimana setelah teman ke 5000? Lalu pesaing anda melaporkan ke pihak Facebook tentang aksi anda? Bukan suatu yang tidak mungkin khan?

Lantas Bagaimana Caranya?

Berikanlah alasan kepada komunitas anda, untuk memberitahukan kabar baik ke teman-teman mereka. Bisa berupa berita, link, video, atau gambar.

Cara lain adalah membentuk grup diskusi tentang hal-hal di seputar industri anda. Merk atau logo boleh saja terpampang dan pengguna tidak terasa terpaksa dengan sodoran barang atau merk.

Pikirkanlah lagi bila anda memang melakukan praktek ajakan berteman, masih banyak cari lain yang bisa dilakukan.

Comments are closed.