Facebook Connect Menjadi Identitas Maya?

Facebook Connect Menjadi Identitas Maya?

identity

Bagi yang sudah memakai Facebook Connect, tentu sudah merasakan manfaat dari layanan Facebook yang satu ini. Dengan Facebook Connect, pengunjung situs (yang mendukung) tidak perlu melakukan proses registrasi lagi. Suatu yang selama ini menjadi hambatan untuk berinteraksi. Bila masih anda masih belum sadar, tujuan Facebook yang sebenarnya adalah menjadi penyedia layanan identitas maya yang universal.

E-Mail & Password

Selama ini proses untuk berpartisipasi selalu diwakili oleh e-mail sebagai identitas, dan password untuk kepentingan keamanan. Dalam prakteknya, proses registrasi selalu diikuti oleh langkah validasi untuk membuktikan bahwa sang pengguna adalah pemilik email tersebut. Jeleknya proses ini kadang butuh waktu (kurang instan) dan kadang email validasi nyasar ke junk mail folder.

Bukankah ada OpenID?

Facebook Connect sebenarnya sangat mirip dengan layanan OpenID, yang juga bertujuan untuk sentralisasi identitas maya di satu tempat. Sayangnya, layanan OpenID ini terbilang kalah pamor, karena pengguna tidak punya alasan lain untuk membuat akun OpenID. Sehingga layanan ini hanya diadopsi oleh para pemakai serius (baca: geek). Akibatnya para pengembang aplikasi juga enggan untuk mendukung layanan ini. Tapi bukan gagal total lho! Masih banyak juga pendukungnya.

Data Pribadi itu Milik Siapa?

Dengan menggunakan e-mail dan password, pemilik situs punya akses penuh akan data pribadi anda. Gampangnya, sang pemilik situs bisa mengirim promosi langsung lewat email, atau bahkan menjual informasi anda  ke pihak lain. Bukan praktek yang bagus, tapi bukan hal yang tidak mungkin.

Dengan Facebook Connect, data pribadi kita masih tersimpan dalam ruang lingkup Facebook dan tidak gampang untuk diakses penyedia layanan. Tapi apakah anda percaya 100% akan Facebook? Dalam sejarahnya, Facebook telah mengundang banyak kontroversi dalam hal penggunaan data penggunanya.

Apakah Pantas Untuk Menjadi Identitas Kita di Dunia Maya?

Bila dilihat dari idenya, tentu Facebook Connect adalah ide cemerlang. Hambatan untuk berinteraksi bisa dikurangi, meskipun hanya di situs-situs pendukung. Tapi pantaskah menjadi identitas universal kita di dunia maya?

PS: Google juga mempunyai gelagat yang sama dengan Google FriendConnect. Masih pilih Facebook?

Comments are closed.