BundaGaul: Pejantan Dilarang Masuk!

BundaGaul: Pejantan Dilarang Masuk!

bundagaul

BundaGaul – Situs jejaring sosial yang diluncurkan di bulan Desember lalu, kini telah berkembang menjadi 1000 anggota. Meskipun dari awalnya enggan untuk menulis tentang situs ini, tampaknya perkembangannya patut diamati.

Setelah diselidiki, ternyata BundaGaul adalah hasil karya Fupei Duo, yaitu Fu Marlinda Yumin dan Sanny Gaddafi. Sekilas, BundaGaul memang tampak sebagai situs jejaring sosial pada umumnya, namun situs ini diperuntukan bagi para bunda saja, alias para bapak dilarang masuk. Hmm, apakah tidak cukup dengan membuat Group di Fupei?

Berikut adalah sedikit obrolan santai dengan Fu Marlinda Yumin:

Mengapa menarget para bunda? Apa yang menarik dari segmen ini?

Karena banyak ibu-ibu muda yang butuh informasi, sharing dan suka berbagi cerita pengalaman mereka. Saya suka membaca cerita pengalaman menarik mereka di blog-blog mereka kalau saya sedang blogwalking. Saya kepikiran untuk membuat suatu wadah di mana mereka bisa berinteraksi secara bebas, berbagi informasi, berjualan atau curhat dengan calon bunda, bunda baru atau yang sudah menjadi bunda senior (anaknya sudah besar-besar).

Apakah aktifitas ibu-ibu nantinya tidak jauh dari memasak? ngurus anak? gosip? Ataukah akan dikembangkan lebih jauh ke kegiatan-kegiatan lain, seperti menulis, berwirausaha, pendidikan politik dan materi pemberdayaan perempuan lain? 🙂

Iya, kami akan kembangkan ke kegiatan kegiatan lain dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan pihak2 lain.

Apakah BG punya misi khusus?

Mempersatukan bunda-bunda di seluruh Indonesia di dalam website BundaGaul berbagi informasi, sharing dan keceriaan bersama baik online maupun offline.

Mengapa memilih format social network? bukan portal atau discussion forum?

Karena kami ingin membuat wadah yang real, real person, and real community.

Bila dari sederetan fiturnya, tampaknya standard social network. Apa fitur utama dr BG sendiri? Apa yang membuat BG special?

Bedanya, membernya hanya bunda saja, kalo ada bau-bau penjantan, langsung dihapus 😀

Kapan BG di luncurkan? Berapa jumlah anggota yang sekarang? Berapa yang aktif?

BG diluncurkan tepatnya pada hari ibu tanggal 22 Desember 2008. Jumlah anggota sekarang 1000-an, dan yang aktif kira kira 80-90% dari keseluruhan anggota.

Apakah ini pertumbuhan yang sesuai harapan?

Sebenernya di luar ekspetasi kami. Para bunda-bunda sangat antusias dan sangat membantu perkembangan situs BundaGaul, begitu banyak masukan ide-ide kreatif yang dikirim ke email kami setiap harinya.

Apa strategi BG untuk menggaet user-user baru?

Sejauh ini kami banyak di bantu para user situs BundaGaul dan media-media yang meliput situs BundaGaul. Tidak ada strategi khusus.

BG menganut bisnis model apa? Profit atau non-profit? Apakah ada rencana monetisasi tertentu?

Profit tentunya, tetapi untuk jangka panjang, jangka pendeknya adalah menciptakan komunitas yang memberikan manfaat kepada para bunda.

Apa sekarang kas BG sudah imbang antara pemasukan & pengeluaran?

Masalah sudah imbang atau belum, penilaian itu harusnya nanti di tanyakan kalo BundaGaul sudah berumur 1-2 tahun. Kalo ditanya sekarang masi terlalu dini, biarpun dari bulan pertama udah ada iklan yang masuk, anyway BundaGaul baru berumur 2 bulan-an.

Kira-kira apa yang membedakan “perawatan” BundaGaul dibanding social network lain? Lebih cerewet atau justru lebih menerima dalam hal fitur? Ada hal yang menarik untuk dibagi?

Karena sebelumnya kita melakukan riset dulu, sifat-sifat bunda di internet tuh seperti apa ya? Mereka ngapain aja ya? Fasilitas2 apa saja yang biasa mereka gunakan di internet? Dan dengan konsep social networking yang paling standard hal ini lebih memudahkan bunda menggunakan BundaGaul.

Prosentase aktifitas anggota yang saat ini masih dalam kegiatan apa? Apakah nantinya akan diarahkan ke segmen kegiatan tertentu?

So far lebih banyak di diskusi online dimana bunda membuat group dengan topic tertentu dan membahasnya, kedepan sudah ada gathering dan bazaar yang
diadakan oleh member tanggal 19 april 2009

Apakah BundaGaul ini akan di-expand sampai ke tingkat family, misalnya: PapaGaul, BalitaGaul, dst?

Tergantung demand. Sejauh ini kami belum kepikiran ke sana, biarpun ada beberapa permintaan dari para bunda. Untuk sekarang kami konsentrasi ke bundagaul dulu.

Terima kasih, sukses selalu…

Comments are closed.