Asyik Koprol Dengan Satya Witoelar

koprollogo

Koprol – Nama lucu yang merupakan karya terbaru dari Satya Witoelar ini adalah sebuah layanan jejaring sosial berbasis lokasi. Dengan ciri khan warna hijaunya, Koprol sempat mendapatkan perhatian media televisi di awal peluncurannya. Kini Koprol telah mendekati tahap public beta dalam waktu dekat. Berikut adalah perbincangan NavinoT dengan sang pendiri Koprol:

Please define Koprol in 140 characters (or less)!

Location-based social network, aimed for Indonesian cities. Koprol tells you where your friends are, and connects you with people nearby.

What about Satya Witoelar in 140 characters (or less)?

A freelance web designer, and one part of Koprol’s 6-person development team.

Kenapa Anda berpikir bahwa menggabungkan semua fitur terbaik (microblogging, threaded, and location) akan membuat Koprol menjadi pemenang?

Semua fitur yang sudah familiar disatukan agar pemakai merasa nyaman, sambil kami perkenalkan fitur yang belum terlalu familiar.

How much longer Koprol will stay in Beta?

We plan to go into public beta this month (April) and go out of beta around June, if things go well.

What is the purpose of Koprol Beta and what have you achieved so far?

To test the site, both the technical and user friendliness aspects. And, also to re-prioritize our feature wishlist according to user’s requests.

What is the strategy behind the beta invites? Why you did this? Is it effective?

First, to get only the experimental early adopters who are generally more likely to give feedback. Second, to control the scale of growth, so we have a bit more time to concentrate on every feedback received and glitch found along the way. And third, so that every member has at least one friend from the start. It has been successful and more useful than we thought, as we were able to catch errors early and understand which features people really wanted.

Berapa jumlah pengguna Koprol sekarang? Berapa yang aktif?

Dengan undangan terbatas, Koprol kini telah mempunyai sekitar 950 anggota, dan yang aktif sekitar 200 anggota.

Apakah masih terus bertambah? Berapa pertumbuhannya per hari? Apa ‘masa panas’ sudah lewat?

Tiap hari bertambah, dengan ‘masa panas’ terakhir tanggal 20 Maret, persis setelah FreSh. Masa panas berikutnya semoga setelah wawancara ini terbit dan juga saat masuk ke masa public beta :)

Di antara beberapa pilihan model bisnis, mana yang paling optimis anda pilih untuk Korpol?

Local advertising

Salah satu model bisnis Koprol adalah network of consumers bukan?

Meskipun kekuatan utamanya tetap aspek social networking, kami mengharapkan dengan sifat location-based yang menonjolkan tempat-tempat komersil, para pemakai internet akan lebih banyak membicarakan jasa lokal saat di Koprol ketimbang saat di social network lain. Dan dengan itu akhirnya bisa dikatakan network of consumers, karena berbagi informasi dan ulasan mengenai hal-hal konsumerisme.

Nah, Bagaimana kondisi Koprol sekarang? Seberapa besar aktivitas dari user yang mencerminkan sifat network of consumers tersebut?

Untuk tahap awal, aktivitas tersebut lebih dari yang kita perkirakan. Dari yang aktif, ada bagian besar yang pasti menilai suatu jasa, terutama restoran, baik dalam ‘posting‘ maupun ‘reviews‘. Padahal kami masih konsentrasi perbaiki porsi messaging dan belum menggalakkan porsi ‘reviews‘.

Apa saja usaha Koprol untuk mewujudkan hal tersebut (network of consumers)?

Kita percaya, tanpa disuruh, orang senang berbagi penilaian mengenai berbagai tempat dan jasa. Restoran mana yang enak, warung mana yang asik, toko mana yang serba ada, mall mana yang menyenangkan. Dengan menonjolkan unsur ‘reviews‘, yaitu dengan memudahkan cara menambah review, memanfaatkan nilai review untuk rekomendasi yang relevan, dan integrasi conversation per lokasi, para anggota akan semakin semangat berbagi pendapat mereka sebagai konsumen.

Apa tantangan teknis terbesar dalam mengembangkan Koprol?

Kami beruntung mempunyai tenaga ahli yang sangat capable, jadi kalau harus pilih kendala terbesar dalam umur yang pendek ini, menurut saya infrastruktur (hosting). Tapi kami harapkan masalah ini membaik setelah suatu kerjasama hosting yang sedang dipersiapkan.

Ekposure media apa yang terbaik untuk mempromosikan Koprol? Printed newspaper atau online media?

Saat ini hanya bisa menebak tanpa bukti, tapi rasanya televisi akan menarik awareness paling besar, sementara media online akan paling efektif dalam menggaet pemakai loyal. Apapun medianya, target kami komunitas konsumen, yang akan menghargai gabungan social networking dan consumer reviews.

What is the infrastructure to handle all these traffic? Server? Specs? Data size?

Ubuntu, ruby on rails, and mysql.

Apa mobile phone support sudah siap? Phone device apa saja?

Koprol jalan di mobile phone apapun yang bisa akses internet. Kami sudah release versi baru dengan interface yang lebih baik di m.koprol.com. Lalu saat ini kami sedang menambah fitur yang akan sangat berguna saat mobile, sebelum kemudian membuat versi native untuk BlackBerry dan iPhone yang memanfaatkan keunikan masing-masing device.

Apa ada rencana mendukung SMS ala Twitter?

Keinginan kami untuk support SMS berkurang sejak merencanakannya tahun lalu, tapi bukan dibatalkan. Bila permintaan meningkat saat Koprol semakin banyak pemakai mainstream, kami akan utamakan kembali fitur ini.

Apa target Koprol di 2009?

Dipakai oleh mainstream, dan mulai menghasilkan kerjasama komersil.

Menurut anda, apakah Koprol akan bisa diadopsi secara mainstream? Melihat selama ini Twitter lebih cenderung berfungsi sebagai ‘geek onlyweb tool.

Itu misi utama kami. Boleh dianggap muluk, tapi kami berharap bisa diadopsi paling tidak se-mainstream Facebook di Indonesia, di mana isinya sudah tidak hanya yang geek tapi juga semua yang tua dan muda.

Apa anda juga optimis bisa menarik pengguna Plurk atau Twitter ke Koprol?

Harus optimis, karena semoga kami bisa buktikan segala yang bisa dilakukan disana, bisa dilakukan disini, bahkan lebih. Namun kami juga aware bahwa pemakai Twitter sangat loyal jadi kami bukan bersaing melainkan menawarkan alternatif.

Okay, mungkin ada hal-hal lain yang ingin disampaikan kepada pembaca NavinoT?

Baca terus NavinoT dan silakan coba Koprol kalau mau lihat ada siapa saja di sekitar anda :)

Toni’s take

Indeed, koprol mungkin tidak akan bisa memuaskan setiap orang. Beberapa mungkin bilang it’s just another microblogging. Tapi time will tell karena Koprol punya karakteristik tersendiri. Seiring dengan bertambahnya pengguna plus inovasi dan strategi Koprol, masa depan Koprol akan terungkap perlahan.

Personally, saya tertarik dengan konsep networked consumer karena tidak banyak yang bermain di sini. Memang, ada banyak forum yang meng-handle jual-beli, namun mereka tidak connected. Koprol need to enhance this, membawa konsep networked consumer ke level yang lebih signifikan. Dengan prestasi beta yang lumayan smooth, saya tak akan ragu they will bring something interesting to the table.

Mari kita koprol dulu. Jangan menyesal kalau ketinggalan momen ya ;)

PS:

Bagi yang menginginkan invite bisa mendaftar di Facebook Group NavinoT. Anda bisa meninggalkan imel Anda di sana. Atau send imel Anda  ke profil Toni atau Ivan.

15 comments
adin
adin

hari pertama ngoprol, entah dapet nilai berapa dari guru olah raga,hehehe....siiip, segera tak bantu promo lewat blog saya deh...o y, tapi kok aksesnya rada berat y? ato koneksi saya yang lemot?

adji
adji

bagaimana cara buat acount di koprol

Adit
Adit

Sy sedang cari2 review tentang koprol, ternyata menarik sekali terutama krn buatan anak negeri. Langsung buat account dan menjelajahinya. Bener-bener sangat membanggakan deh, terutama location basenya. Mudah2an bisa cepet populer deh.

Ngga lupa sy juga coba akses dr hp berbasis windows mobile, semuanya berjalan baik hanya sayang waktu coba post muncul pesan kira2 maksudnya 'maaf tdk bisa menampilkan pesan krn sedang dlm tahap pengembangan' padahal waktu sy cek lg melalui web ternyata posting sy itu berhasil. Mudah2an segera ada Koprol for WM .

ogit
ogit

selamat dan sukses buat koprol..

adeputra
adeputra

saya baru saja daftar... keren pak... moga2 cepet2 rame... biar banyak temennya... :)

ghe
ghe

sebuah layanan jejaringan yang menarik...dan fitur"nya uga unik terutama map-nya.....

hokya
hokya

nama yang antik

uki
uki

koprol memang cihuy, terbukti mampu menyaingi twitter.
saya rasa ada yng perlu di kembangkan lagi mengenai fitur fitur nya, dan promo lebih kencang. ini produk indonesia, saya cinta produk indonesia.

koprol terus sampe pusink

vicky
vicky

Bung Satya Witoelar itu ada blog-nya ga ya? thanks :)

Adi Wahyu
Adi Wahyu

Setelah beberapa lama menggunakannya, menurut saya koprol adalah gabungan fitur antara plurk dan twitter namun memiliki keunggulan location based. Sudah mulai meninggalkan plurk dan berharap ada API sehingga status koprol bisa muncul di blog.. Jadi pengunjung blok tahu si pemilik blog sedang apa dan berada di mana... *hmmm walau memang sangat riskan dilihat dari segi keamanan dan privacy*

Semoga seiring jalannya waktu, saya berharap fitur dan perangkat yang dapat mengakses koprol semakin banyak. Begitu juga penggunanya dong :-D

fotogaul.com
fotogaul.com

lucu jg yah nama nya hehe tp dah launching blm neh??

deniardians
deniardians

siiip lah......semoga saja koprol dapat melejit .....

sukses selalu om satya...

untuk navinot...aku penggemar mu....selalu...

kalo sempat mampir ke blogku

www.deniardians.blogspot.com

download buku-buku best seller...di sini...

Trackbacks

  1. [...] Navinot: “Jangan menyesal kalau ketinggalan momen ya” Indeed, koprol mungkin tidak akan bisa memuaskan setiap orang. Beberapa mungkin bilang it’s just [...]