Netbook: Bakal Lenyap Seperti PDA?

Netbook: Bakal Lenyap Seperti PDA?

netbook

Komunikasi adalah kebutuhan mendasar, buktinya keberadaan ponsel kini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Tidak jarang pengguna ponsel menghabiskan sebagian besar gaji bulannya untuk kebutuhan membeli pulsa.

Bentuk komunikasi kini juga berubah seiring perubahan jaman. Kadang kata-kata tidak lagi cukup, perlu dukungan gambar, bahkan video. Tidak hanya kebutuhan yang bersifat primer, tapi juga kebutuhan untuk bersosialisasi dan keperluan untuk mendapatkan informasi terbaru.

Perkembangan internet dalam beberapa tahun terakhir membuat pengguna lebih berinterkasi. Tidak hanya pasif menyerap informasi, tapi juga aktif dengan kontribusi. Interkasi macam ini juga menuntut mobilitas dari pengguna untuk bisa melakukan aktifitas tersebut, kapan saja dan di mana saja.

Ponsel yang tadinya hanya melayani komunikasi dalam bentuk voice, kini bergeser kedudukannya. Dengan dukungan perangkat keras yang semakin cepat dan kecil, memungkinkan pengolahan data yang tadinya hanya bisa dilakukan oleh personal computer. Personal Digital Assistant (PDA) telah sukses, meskipun hanya sesaat, untuk memenuhi kebutuhan ini. Lambat laun fungsi PDA telah menjadi satu dengan ponsel, atau yang kini disebut smartphone.

Salah satu alasan hilangnya keberadaan PDA adalah pengguna tidak mau adanya tambahan gadget. Selain berat, juga makan tempat yang kadang kala tidak muat di saku celana. Pantas saja transisi dari PDA ke smartphone begitu mulus.

Dari tren di atas, bisa terlihat pengguna selalu rakus akan kemampuan untuk melakukan suatu yang lebih. Layar ponser lebih besar, kapasitas data lebih lapang, CPU lebih cepat, dan lain-lainnya. Setelah smartphone, apa langkah upgrade selanjutnya? Tentu saja laptop! Sayangnya celah perbedaan antara laptop dan smartphone terbilang sangat lebar, sehingga kehadiran netbook benar-benar pas untuk menjawab dilema ini.

Istilah netbook pertama kalinya diperkenalkan oleh ASUS, sebuah perusahaan perangkat keras asal Taiwan, lewat produknya ASUS Eee PC. Laptop mungil ini diluncurkan untuk pertama kalinya di tahun 2007 dengan harga perkenalan yang berkisar US$ 500. Dari segi harga, produk ASUS ini bisa diterima oleh konsumen, sekaligus menjawab dilema antara smartphone dan laptop.

Dengan layar yang lebih lebar dan processor yang lebih handal, pengguna bisa lebih produktif untuk melakukan tugasnya. Netbook, yang identik dengan koneksi internet,  juga sejalan dengan perkembangan internet yang berusaha menggotong aplikasi ke arah internet. Sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan perangkat yang super canggih dan terkini.

Kombinasi di atas memang merupakan formula pas untuk memasarkan netbook. Tidak heran, banyak perusahaan lain seperti Hewlett-Packard atau Dell, saling berlomba untuk merilis netbook versinya masing-masing.

Apakah netbook akan sukses selalu? Atau netbook akan menjadi PDA selanjutnya?

Untuk sekarang, saya merasa netbook masih mempunyai ruang untuk bersaing. Dengan layar yang lebih lebar, tentunya jadi tawaran menawan untuk masalah produktifitas. Namun jangan lengah terlebih dahulu akan kehadiran smartphone yang semakin marak. Tapi, bukan smartphone yang menjadi ancaman, melainkan mobile application-lah yang merubah permainan ini.

Dengam mobile application, interaksi dengan pengguna telah mengalami banyak penyesuaian, sehingga lebih nyaman untuk dilakukan di layar ponsel yang lebih kecil. Hal ini juga termasuk mobile version yang memang lebih ringan, tapi tetap tidak memberi solusi kenyamanan. Bayangkan saja, menjual barang di eBay dengan layar 2 inci. Bisa saja dilakukan, tapi tidak nyaman dan tidak produktif.

Coba pikirkan sejenak, apakah netbook hanya tren sesaat yang akan tergantikan oleh smartphone yang lebih handal, lengkap dengan aplikasinya? Atau netbook masih punya banyak ruang untuk bersaing karena fitur-fiturnya?

———————————————————————————————

Untuk Kontes Harian – Bagaimana cara anda memanfaatkan hadiah utama kontes ini, yaitu (1) Hewlett-Packard Mini 1001 Netbook. Bagaimana posisi penggunaannya, di antara ponsel dan laptop, ataupun PC.

Untuk Kontes Artikel Terbaik – Apa saja tentang netbook.

Comments are closed.