6 Hal Tentang Mobile Internet

6 Hal Tentang Mobile Internet

mobileinternet

Ponsel kini tengah mengalami evolusi baru. Yang awalnya berupa alat komunikasi tanpa kabel berubah menjadi layanan pesan singkat (SMS). Tidak lama kemudian fitur kamera dan PDA dikemas menjadi satu, dan ponsel jadi semakin lengkap. Bahkan kehadiran ponsel tidak bisa ditinggalkan begitu saja dari kehidupan kita.

Dengan layanan cepat semacam 3G, kita bisa melakukan lebih banyak hal. Cukup dengan browser di ponsel, kita bisa berselancar jauh. Boleh dikata, kemungkinannya hanya sebatas kreatifitas. Mobile internet sudah diyakini bakal menjadi tren besar di waktu dekat. Berikut beberapa alasan lain untuk memperkuat argumen ini.

1. Tren Smartphone

Sewaktu kamera baru diperkenalkan di ponsel, kita masih merasa tidak butuh. Tapi kini dengan harga yang semakin terjangkau, beli ponsel tanpa kamera jadi terkesan ketinggalan jaman. Hal ini pasti akan terjadi sewaktu pengguna mulai memperbaharui ponselnya. Kalo bukan smartphone, berarti itu dumbphone.

2. Pengguna Sudah Ada

Meskipun pengguna ponsel belum sepenuhnya beralih ke layanan data, ponsel tidak bisa ditinggalkan dari kehidupan kita sehari-hari. Secara tidak langsung pengguna mobile internet sudah ada, hanya transisi belum terjadi sepenuhnya.

3. Operator Selular Sebagai ISP

Untuk memperluas layanan ADSL atau Cable TV, terdapat banyak halangan infrastrukstur. Seperti saluran kabel telpon peninggalan Belanda yang perlu diperbaharui. Cable TV juga perlu kabel khusus yang disalurkan ke rumah-rumah. Ini menjadikan operator selular sebagai kandidat kuat, karena perluasan jaringan lebih fleksibel.

4. Faktor Harga Bagi Konsumen

Satu hal yang tentang pasar Indonesia yang tidak boleh dilewatkan, yaitu sensitif akan harga. Berlangganan internet untuk di rumah dan di jalan, terkesan membuang duit. Meskipun layanan internet ponsel tidak sepenuhnya stabil, tapi cukup untuk kebutuhan normal.

5. Tren Web 2.0

Di era internet sekarang, ketergantungan perangkat canggih oleh klien semakin berkurang. Data dan proses cenderung dilakukan di server. Fenomena ini cocok untuk ponsel, atau netbook, yang tidak sekuat desktop dalam hal pengolahan data.

6. Kebutuhan Bisnis

Dalam dunia bisnis, komunikasi harus lancar dan cepat, termasuk pertukaran data. Dengan adanya layanan data lewat ponsel, bisnis bisa beroperasi lebih lincah. Bahkan, bisnis cenderung untuk mampu membayar lebih, dan bisa memicu perkembangan mobile internet.

Selain banyaknya tanda-tanda positif akan peluang mobile internet di masa mendatang, masih banyak hal-hal mendasar yang perlu dibereskan. Satu hal pasti adalah layanan mobile internet yang stabil, terutama di Indonesia. Tidak jarang di Toni ngumpat karena ‘sapu’-nya ngadat. Lain dari itu, aplikasi mobile hanya sebatas kreatifitas saja dan masih banyak peluang baru yang bisa dijelajahi.

Apa pendapatmu tentang mobile internet kira-kira 1-2 tahun ke depan? Apakah ada poin lain yang bisa ditambahkan? Atau bahkan menyangkal argumen di atas?

Comments are closed.