Ke Mana Harus Mencari Ide?

Ke Mana Harus Mencari Ide?

Dizzy

Salah satu syarat supaya blog bisa cukup sukses adalah visibility. Artinya Anda harus menulis dalam interval yang diketahui oleh pembaca. Misal, senin sampai jumat, senin kamis, 3 kali seminggu, dan pola lain asal tidak random dalam sebulan. Kecuali kalau Anda adalah sosok yang sudah cukup terkenal dan sekali menulis langsung berefek ruar biasa.

Kendala umum dalam menulis secara reguler adalah pencarian ide. Bagi yang menulis berdasar mood, ini adalah persolaan besar. Sedang mood atau tidak, tulisan harus tetap dibuat. Jadi di mana kira-kira ide bisa dicari?

Get in the mood

Iya, mood bisa sedikit diaturkok.Baca saja materi favorit kamu entah itu komik,novel dan lain-lain. Setelah pikiran agak rileks,ide biasanya lebih gampang mendekat. Dalam kasus saya, mandi biasanya jadi solusi get in the mood. Mungkin efekny adalah membuat kepala jadi dingin dan badan menjadi rileks.

Read some more

Ide bisa dicari dari tulisan-tulisan orang lain. Saya membuka feedly (feed reader) secara rutin untuk mengupdate berita dan sekaligus mencari ide. Banyak hal menarik yang bisa disoroti dari tulisan-tulisan orang lain,misal: iPhone baru, aplikasi baru, peristiwa terkini, dan lain-lain. Jika belum menemukan, bacalah lebih banyak.

Jangan rewel!

Terkadang Anda telah menemukan ide, namun Anda tidak ingin mengakui atau menggunakannya. Entah karena tampak terlalu sederhana,  kurang keren, banyak lubang, dan sebagainya yang membuat Anda takut memakai. My ultimate advice: Stop, and give up! Sudahlah, terima saja apa yang mampir di kepala. Semakin Anda lebih pasrah, semakin gampang ide itu masuk. Jangan terus-menerus ngeyel mencari ide terbaik tahun ini tiap pagi. Sayangi otak Anda.

You know what, saya baru saja menyerah. Tak ada ide bagus sama sekali pagi ini. And you can guess, I came up with this lousy post :D. Ini penyakit berulang, you’ll run out of ideas sometime.Just accept it. It won’t hurt.

Okay,sekarang gantian. Di mana Anda mencari ide?

Comments are closed.