Lebih Sederhana Dengan Free Shipping

Lebih Sederhana Dengan Free Shipping

Banyak cara dilakukan para retailer untuk memikat pelanggan, termasuk juga retailer online. Umumnya, para retailer melakukan promosi atau penawaran khusus lewat iklan.

Salah satu yang sering dijumpai di dunia e-commerce adalah penawaran free shipping, atau bebas ongkos kirim. Maklum, setiap pembelian masih perlu ongkos pengiriman yang dibebankan ke pembeli. Sehingga ongkos kirim tersebut menjadi hambatan tersendiri untuk bertransaksi.

Belum lagi ditambah pajak tambahan, seperti PPN, yang membuat sang pembeli menghitung sana sini sebelum melakukan transaksi.

Dengan adanya program free shipping, diharapkan memudahkan calon pembeli dalam proses kalkulasi. Sehingga tidak perlu berpikir banyak soal harga. Cukup satu angka saja di kepala untuk memperoleh barang yang diinginkan untuk sampai di tujuan.

Tergantung daerah tujuan pengiriman, ongkos kirim bisa bervariasi. Sehingga penerapan program free shipping bias menjadi pedang bermata dua bagi para retailer, sehingga perlu diteliti ulang apakah masih menguntungkan.

Sebenarnya free shipping bukanlah 100% bebas ongkos kirim, melainkan harga ongkos kirim yang telah dimasukan dalam harga penawaran. Yang terpengaruhi adalah persentase margin profit.

Biasanya yang perlu diwaspadai adalah pengiriman barang ke daerah pelosok yang jauh dari titik distribusi. Ongkos yang mahal tentunya memperkecil keuntungan. Namun hal ini bisa diimbangi dengan menambah titik distribusi, sehingga pengiriman berdasarkan pesanan jadi lebih murah.

Trik free shipping sudah banyak dijalankan, termasuk oleh online retailer seperti Newegg atau Amazon. Untuk retailer lokal, masih belom ada penerapan trik free shipping secara keseluruhan. Hanya ada penawaran untuk beberapa item saja.

Menurut anda, apakah anda setuju bahwa free shipping lebih sederhana untuk membandingkan harga? Sekaligus memudahkan penjualan?

—————————————————————————————————————————–

Untuk kategori artikel Kontes Berpikir Kritis 2009, program penjualan lain apa yang cocok diterapkan oleh Bhinneka untuk meningkatkan penjualan dan layanan? Rebate? Harga spesial untuk item tertentu dalam satu hari saja?

Comments are closed.