Memperkenalkan Budaya Kuliner Indonesia

Memperkenalkan Budaya Kuliner Indonesia

kuliner

Bila dilihat dari jumlah penduduk, Indonesia berada diperingkat ke-4 dari ratusan negara di dunia. Dari sini sudah terlihat potensi yang begitu menjanjikan. Belum lagi lahan yang luas dan terdiri dari berbagai macam adat dan budaya, termasuk budaya kuliner. Sayangnya, angka yang cukup signifikan ini masih belum mampu membawa nama Indonesia setenar negara-negara lain, bahkan yang lebih kecil.

Selama saya tinggal di Amerika Serikat, termasuk susah untuk mendapatkan restoran Indonesia yang berkualitas. Untungnya, Indomie dan kecap ABC masih bisa didapatkan lewat toko-toko asia. Lumayan untuk mengobati rasa kangen akan cita rasa Indonesia. Bahkan sekarang anda bisa membeli Indomie di Amazon.com 🙂

Dari sekian banyak suku, adat, dan budaya, banyak juga ragam makanan yang bisa dinikmati. Masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri dan unik satu sama lainnya. Tapi kenapa makanan Indonesia masih belum bisa setenar seperti layaknya pad thai dari Thailand, sushi dari Jepang, atau pho dari Vietnam?

Sering kita mendengar dan melihat program kampanye wisata yag dilakukan pemerintah. Sebelum era internet, kita memang tidak bisa berbuat banyak. Setidaknya bisa membantu secara lokal, seperti menjaga kebersihan kota dan sebagainya. Tapi dengan adanya akses internet, hampir semua orang bisa turun tangan untuk ikut serta membantu mempromosikan budaya Indonesia ini.

Teloor, sebagai situs kuliner, mempunyai misi untuk memperkenalkan makanan Indonesia ke mata dunia lewat layanan tukar resep. Meskipun bersifat umum dan terbuka untuk siapa saja, Teloor sudah mempersiapkan ‘alat bantu’ untuk melakukan misinya tersebut.

Dengan membentuk komunitas maya, kita bisa saling bertukar resep sambil mempromosikan budaya kuliner kita. Dengan menggunakan bahasa Inggris untuk setiap resep, proses pengenalan jadi lebih mudah untuk diterima. Yang kurang dari upaya mencapai sukses ini adalah komitmen dan partisipasi dari komunitas itu sendiri.

Nah, sekarang Teloor ingin tahu, kiranya kampanye, program, atau fitur apa yang bisa membantu penggemar kuliner Indonesia untuk memperkenalkan masakan Indonesia lewat situs seperti Teloor ini?

—————————————————————–

Baik kategori harian atau kategori artikel, silahkan menjawab pertanyaan di paragraf terkahir. Ingat, ini adalah minggu terkahir untuk memperebutkan hadiah kaos dan hadiah utama Kontes Berpikir Kritis 2009.

Comments are closed.