Customer Service Ideal

csideal

Sudah beberapa kali saya membahas tentang customer service yang peranannya kini jadi semakin penting dalam suatu perusahaan. Sebagai sosok yang paling dekat dengan pelanggan, customer service diharapkan jadi super lengkap, termasuk senyum setiap saat tanpa mimik wajah marah karena ulah pelanggan.

Dalam pelaksanaannya yang tidak mudah, harus ada kerjasama mutlak dari perusahaan dan customer service itu sendiri. Perusahaan memang berhak menyediakan perangkat, seragam, dan berbagai hal dasar lainnya. Namun sebagai individu yang berkecimpung dalam dunia customer service, apa yang kiranya menjadi tuntutan untuk menjadi customer service yang ideal?

Bukan hanya seragam atau tampilan yang rapi dan menawan yang diharapkan dari seorang customer service. Satu hal yang sering terlewatkan adalah customer service yang tidak mengerti produk atau layanannya sendiri. Karena dijaman informasi ini tidak heran bila sang pelanggan sudah tahu lebih banyak informasi. Contohnya saja perangkat selular yang dipakainya. Sehingga dalam kunjungannya sudah bisa menceritakan semua yang dihadapi, termasuk solusi apa yang diharapkan dari petugas customer service.

Dalam hal ini, sebagai seorang customer service diharapkan tanggap untuk mengerti masalah pelanggan, tanpa harus bertanya banyak dan tidak perlu. Customer service harus tahu pasti produk dan layanannnya, baik berbagai macam gangguan yang mungkin membuat pelanggan frustasi dengan masalah yang dihadapinya.

Customer service harus bisa juga menjadi advisor yang bisa membantu pelanggan untuk mengambil keputusan. Hal ini umum di industri teknologi yang cepat berkembang dengan produk-produk baru. Kadang pelanggan atau calon pembeli yang bingung, produk atau layanan mana yang harus diambil.

Sikap pro aktif dari customer service juga merupakan nilai plus yang sangat dicari. Karena selain bertugas melayani, customer service juga berperan untuk meningkatkan penjualan. Kalau uang mengalir masuk, perusahaan pasti senang! :)

Nah, apa yang kiranya perlu ditambahkan untuk kriteria customer service yang ideal?