Dampak Twitterfikasi oleh Facebook

Dampak Twitterfikasi oleh Facebook

twitterfication

Dari segenap pembaharuan yang dilakukan Facebook dengan fitur ‘publisher‘-nya, semakin mengarah ke fungsi-fungsi Twitter. Di sini pengguna bisa mengabarkan status terakhirnya, dan teman-temannya bisa saling memberi komentar.

Pergerakan ini sudah nyata bahwa Facebook ada minat untuk mengarah ke Twitter. Nah, apakah Facebook akan berhasil? Atau sebaliknya, Twitter akan melaju terus?Asal-Usulnya

Twitter pertama kali diperkenalkan sebagai layanan microblogging, yang mengandalkan materi dalam format yang singkat. Bahkan, URL saja harus dipersingkat. Sedangkan Facebook berangkat sebagai layanan jejaring sosial yang mengandalkan fitur pertemanan. Dari awalnya, Facebook tidak mempunyai fitur publisher, walaupun penerapannya yang sekarang masih dibilang mulus.

Deskripsi Layanan & Daya Tarik Layanan

Twitter sudah begitu lama beroperasi, bahkan akhir-akhir ini jumlah pengguna telah meningkat tajam. Namun saya masih saja belum leluasa bagaimana cara menjelaskan kegunaan Twitter ke masyarakat umum. Bila disebut sebagai layanan microblogging, rasanya masih kurang spesial.

Lain halnya dengan Facebook yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengguna baru. Setidaknya setelah menambahkan beberapa teman baru sudah mulai terasa betapa menariknya layanan ini.

Evolusi Facebook

Bagi Facebook, penambahan fitur publisher masih terbilang wajar. Karena microblogging merupakan tren baru yang tidak bisa dilewatkan untuk menambah kesemarakan layanan Facebook. Normal bagi Facebook untuk mempunyai fungsi internal semacam publisher untuk meningkatkan interaksi antar sesama anggota.

Inti Layanan Twitter

Sebaliknya, Twitter yang berangkat sebagai layanan microblogging mempunyai inti layanan yang berbeda. Dengan penggunaan tag khusus, Twitter bisa berfungsi lebih dari sekedar bincang-bincang santai antar teman. Akibatnya pengadopsi awal masih saja lengket dengan Twitter, meskipun Facebook boleh dibilang punya fitur baru yang mirip.

Perpindahan Pengguna?

Nah, setelah serangkaian pembaharuan oleh Facebook, apakah akan menyebabkan perpindahan pengguna dari Twitter ke Facebook? Untuk sementara memang tidak terlihat, karena inti layanan yang berbeda fungsinya.

Namun Facebook dengan fitur publisher yang baru tentunya juga akan menghambat pengguna baru untuk mengadopsi Twitter. Alasannya pasti karena fungsinya yang mirip. Mengapa harus pindah? Betul ga?

Apa pendapatmu? Apakah akan ada exodus dari Twitter ke Facebook? Atau sebaliknya? Atau ada dampak lainnya yang kelewatan?

Comments are closed.