Stay Hungry, Stay Foolish

The Whole Earth Catalog

Stay Hungry, Stay Foolish adalah salah satu pesan dalam pidato Steve Jobs di seremonial kelulusan mahasiswa Harvard, 2005. Namun dalam pidato itu sendiri, tidak dijelaskan arti Stay Hungry, Stay Foolish. Stay Hungry, Stay Foolish adalah teks yang dijumpai Job dalam edisi terakhir The Whole Earth Catalog. Sebuah publikasi yang dinilai Jobs idealistik dan jadi kitab suci generasinya waktu itu. Ibarat Google 35 tahun sebelum adanya Google. Lihat saja beberapa fotonya di Flickr.

Jadi apa artinya? Seorang teman berusaha menjelaskan pada saya. Konsep “stay hungry” berkaitan dengan bagaimana manusia memperlakukan persoalan perut. Manusia butuh makan supaya tetap hidup. Jika kita lapar maka kita akan punya motivasi besar untuk makan. Dan saat kita ingin makan, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kita. Kita sangat fokus dan clear tentang apa yang hendak kita capai. Diposisikan dalam konteks entrepeneurship, “stay hungry” berarti kita punya fokus jelas dan motivasi besar untuk maju. Tujuannya satu, membuat kita tidak lapar lagi.

Bagaimana dengan “stay foolish”. Stay foolish membuat kita berpikir lebih simpel. Karena ketidaktahuan kita akan berani mencoba banyak hal. Akan ada lebih banyak alternatif untuk dicoba karena tidak ada alternatif yang tampak berbahaya atau terlalu beresiko. Siapa sangka menelpon lewat internet itu bisa dilakukan? Hanya orang bodoh yang akan mencobanya, dan orang bodoh itulah yang sukses dengan Skype.

Ada yang punya interpretasi lain?