Online Crisis Management

Online Crisis Management

Crisis

Apalagi ini? Ini adalah salah satu hal lain yang harus kita khawatirkan nantinya setelah punya startup. Modal beres, usaha beres, eh di tengah jalan ada yang bikin hoax dan kerusuhan lain yang mengganggu usaha kita. Apa yang harus kita lakukan? Saat Anda panik, ingatlah tips di bawah ini.

Berikut ini tips yang saya dapatkan sewaktu mengikuti seminar online crisis management di Intercontinental Jakarta kemarin.

  • Start internally. Krisis adalah masalah bersama, oleh karena itu diperlukan penyatuan visi secara internal dalam menghadapi krisis. Jangan sampai pihak internal sendiri tidak paham akan apa yang terjadi dan apa yang harus dilakukan. Pada poin ini, peranan seorang pemimpin akan diuji.
  • Start addressing external audience. Setelah pihak internal telah well-informed, barulah penanganan krisis yang terkait dengan pihak eksternal bisa dilakukan. Misalnya dengan membentuk crisis center sebagai channel khusus yang menghubungkan internal dengan audience di luar.  Dua poin ini tidak harus dilaksanakan secara sekuensial, namun poin pertama tadi tidak boleh ditinggalkan.
  • Start from the source. Mulailah dari sumbernya. Jika sumber awal krisis adalah media online, maka sebaiknya usaha mengatasi krisis dimulai dari sana. Dengan memakai sistem seperti ini, besar kemungkinan respon terhadap krisis bisa tersebar lewat jalur yang sama dengan proses terjadinya krisis (sama viralnya)

Di luar tips tersebut masih ada beberapa poin lagi. Tapi saya rasa, tiga poin di atas sudah bisa jadi panduan utama dalam menghadapi krisis. Yang juga tak boleh dilupakan adalah kecepatan. Karena krisis adalah sesuatu yang tidak wajar maka pendekatan penyelesaiannya pun harus extraordinary. Extraordinary bukan berarti “lebay” atau berlebihan akibat pengaruh emosional, tapi lebih cenderung ke efektifitas dan well-outlined.

Bagaimana? Anda sudah siap saat krisis datang? Jangan ge-er dapat krisis ya? Siapa tahu itu cuma masalah orang lain dan sama sekali bukan masalah Anda.

PS:

Thanks to Pak Nukman Luthfie, narasumber, dan pertanyaan-pertanyaan menggugah dari peserta Online Crisis Management

Comments are closed.