DagDigDug: Ngerumpi Politikana Sambil Curi Pandang

DagDigDug: Ngerumpi Politikana Sambil Curi Pandang

dagdigdug

Sejak dimulainya diakhir ahun 2007, DagDigDug yang mulanya berupa layanan blog, kini telah berkembang dengan beberapa layanan baru. Berikut sedikit kisah perjalanan DadDigDug dan beberapa layanan online-nya.

Layanan blogging DagDigDug yang berbasis WordPress MU telah berhasil merangkul, sekaligus mengumpulkan, para pengikut dari para founder DagDigDug. Dengan popularitas mereka sebagai blogger dan tokoh dalam dunia media, tidak susah bagi mereka untuk mengumpulkan pengguna untuk layanan baru. Selain itu, blogging sedang mengalami puncaknya di tahun 2007, sehingga kehadiran DagDigDug merupakan langkah tepat untuk menyediakan layanan blogging lokal. Meskipun kini mulai blogger mulai susut dengan adanya tren microblogging.

DagDigDug tidak tinggal diam dengan kesuksesan layanan bloggingnya dan terus berusaha menggali kesuksesan lewat layanan baru. Lahirlah Politikana, yang selain dianggap cocok untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet yang mau berbicara tentang politik, juga tepat waktu untuk memanfaatkan momentum perayaan demokrasi di Indonesia. Hasilnya juga sangat lumayan, bila dilihat dari banyaknya partisipasi pengguna di situs web 2.0 ini.

Politikana tidak seharusnya bisa menyaingi kepopuleran media umum. Oleh karena itu masih masuk akal bila strategi rinse & repeat dilakukan untuk menambah jumlah halaman lewat topik lainnya. Dengan anggapan tidak semua orang suka berbicara politik, kini saatnya menawarkan topik niche lainnya, seperti Ngerumpi yang menarget para wanita cerewet, dan CuriPandang yang diperuntukan bagi pengguna yang menggangap bahwa berita cerai para artis lebih penting dari pidato kepresidenan tentang anggaran dasar.

Kedua layanan baru tersebut telah dikonfirmasi menggunakan dasaran teknologi yang sama, yaitu rancangan algoritma dari Politikana. Selain murah dalam hal biaya, juga butuh waktu singkat untuk diluncurkan. Hanya perlu ganti tampilan saja! Jangan heran bila dalam waktu dekat DagDigDug akan meluncurkan layanan dengan topik niche lainnya. Kamu mau apa? 🙂

dagdigdugproperty

Apa maksud dan tujuannya dari semua ini? Dalam dunia internet, jumlah halaman bisa dianggap berbanding lurus dengan jumlah pendapatan, terutama yang berkaitan dengan iklan. Untuk membangun satu layanan dengan jumlah halaman yang sangat banyak, seperti Detik.com, termasuk susah untuk diulang lagi. Salah satu alternatifnya adalah membangun beberapa layanan baru yang jumlah halamannya masih bisa dipertimbangkan. Ujungnya tentu saja iklan, revenue, dan tentu saja profit!

Salut bagi para pendiri DagDigDug yang mampu memanfaatkan momentum dengan segenap kejeliannya dalam strategi-nya. Empat jempol aku angkat untukmu!

Comments are closed.