Startup Lokal Surabaya

Startup Lokal Surabaya

startuplokalsby

Selama ini kita selalu berfokus kepada Jakarta sebagai ibu kota dan pusat dari segala aktifitas, baik bisnis secara umum ataupun teknologi. Banyak situs lokal baru yang tumbuh dari generasi muda, generasi teknologi ini. Meskipun masih terlihat kurang serius dalam operasionalnya, beberapa mampu menunjukan keberhasilan, setidaknya dari sisi trafik, kualitas, atau penghargaan yang diterima.

Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, juga tidak kalah dalam peranannya di dunia teknologi, khususnya web dan internet. Berikut ada beberapa layanan online menarik yang berasal dari Surabaya, yang saya anggap cukup inovatif dan berani tampil beda.

Bookoomoo

bookoomoo

Bookoomoo sebenarnya adalah layanan sewa buku yang dipelopori oleh Aristachus P. Kuntjara dan istrinya, Sri Kriswandari. Situs ini berisi koleksi buku yang mereka sewakan dan para anggota bisa memesan jauh hari lewat situs ini. Gampangnya, boleh diibaratkan sebagai Netflix untuk buku bacaan.

Untuk menjadi anggota, cukup mendaftar secara online dan memberi uang jaminan lewat transfer bank. Pengguna bisa memesan buku secara online, juga lewat SMS dan telpon. Setelah itu, pesanan akan diantar oleh jasa kurir, sekaligus penagihan di tempat.

Cukup sederhana dan pastinya mempunyai model bisnis yang nyata.

Tolongin

tolongin

Layanan lokal yang kedua adalah Tolongin, yaitu jasa kurir untuk kebutuhan darurat. Penempatan order bisa dilakukan lewat situs tolongin atau lewat telepon. Mengingat Surabaya jadi semakin macet, kadang ada enaknya punya jasa kurir siap pakai untuk kebutuhan mendesak.

Meskipun berangkat dari sebuah situs, nampaknya tidak banyak manfaat yang didapat lewat internet. Selain hanya promosi, pengguna pasti lebih memilih untuk menelpon langsung.

Karena keterbatasan geografis, tim Tolongin hanya melayani area lokal Surabaya dengan tarif minimum Rp 10.000,- untuk sekali antar, dengan jarak tempuh kurang dari 10 km. Yang lebih seru, kini Tolongin juga melayani jasa sewa buku. Hmm, mungkin saatnya bergabung dengan Bookoomoo. 🙂

Dari kedua contoh situs lokal di atas, bisa dilihat bahwa jasa situs tidak selalu online, dan bisa digabungkan dengan layanan dunia nyata. Bila dihitung secara bisnis, mungkin kedua situs ini sudah bisa menikmati profit dari model bisnis mereka yang lebih nyata.

Go local and offline? Why not!

Comments are closed.