GSOC 2009 Wrap Up

GSOC 2009 Wrap Up

google campus

Tentunya Anda tahu GSOC adalah event yang diadakan tiap tahunnya oleh Google dalam rangka meningkatkan partisipasi pelajar dan kualitas software open source. Diadakan sejak tahun 2005, Google mendefinisikan GSOC seperti berikut ini:

Google Summer of Code is a global program that offers student developers stipends to write code for various open source software projects.

GSOC 2009 baru saja berakhir. Sebenarnya ada banyak sekali project yang dicakup oleh GSOC, namun tahun ini yang saya monitor hanya project yang diinisiasi di bawah KDE. Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa dinikmati pengguna KDE (probably in 4.4):

Virtual Folders

Cocok sekali buat saya yang sering mengalami kebingungan untuk menentukan posisi sebuah file. Akan ditaruh berdasar relasinya dengan project atau dengan domain lain. Saat kita telah mengenal tag dengan baik, bekerja berdasar folder terkadang menyebalkan. Jika tidak ada multi domain/konteks yang terliabt dalam suatu file, folder tidak akan jadi masalah. Tapi jika yang terjadi adalah sebaliknya maka kita dipaksa menentukan satu pilihan domain dan akhirnya satu paksaan lagi bagi otak untuk mengingat hal baru yang harus diasosiasikan dengan file tersebut.

Virtual folders bisa tersedia karena ada Nepomuk sebagai underlying technology. Nepomuk diekspos ke permukaan lewat KIO Slaves yang akhirnya bisa diramahkan lewat UI lain, eg: Virtual Folders. Selain itu juga ada fitur search dengan sintaks SPARQL atau sintaks yang lebih natural yang tersedia di Dolphin (file browser).

Smart Open File Dialog

Tentu saja akibat teknologi yang sama, open file dialog tidak lagi jadi bodoh. Virtual folder juga bisa di-apply di sana. Query berdasar MIME type, tag, creation date, dan metadata lain bisa dipakai sewaktu mencari file yang hendak dibuka. Mungkin bisa diilustrasikan dengan: perlihatkan daftar file yang baru saja di download oleh Konqueror, atau semua file torrent yang sudah completed (tanpa kita harus mengecek satu per satu)

Window Tabbing

Bagi yang pernah memakai Fluxbox dan keluarganya tentu akan ingat dan mungkin suka dengan fitur ini. Window tabbing memungkinkan kita membendel beberapa window dalam satu bingkai dengan navigasi berupa tab. Mungkin akan berbentuk seperti tab di Chrome, namun dalam Fluxbox tab ini akan di-render di luar window decoration.

Hmm, apakah Anda memonitor GSOC 2009? Project mana yang Anda amati? Atau malah ada yang berpartisipasi?

PS:

I failed rebooting my brain. Thus this post.

Comments are closed.