Jangan Memelihara Masalah

Jangan Memelihara Masalah

golden egg

Disney membeli Marvel, e-Bay menjual Skype. Yang satu membeli sebuah perusahaan besar, dan satunya melepas perusahaan besar. Kenapa Disney membeli Marvel dan e-Bay melepas Skype?

Marvel sudah kita kenal sejak lama lewat karya-karya komiknya. Dengan gejala Hollywood yang tampak sedang kehilangan ide film segar dan sebgian besar pasar yang tampaknya senang dengan adaptasi komik ke dalam film, membeli Marvel sepertinya jadi investasi yang tepat. Tidak perlu lagi membeli lisensi karakter tiap hendak membuat film. Sekarang semuanya sudah jadi hak milik Disney. Dengan standar kualitas animasi Disney dan kecanggihan Pixar, sederet karakter Marvel dan ceritanya yang sangat banyak itu akan jadi sumber pendapatan baru di masa depan.

Bagaimana dengan eBay? Melepas perusahan sebesar dan sebasah Skype tampak tidak masuk akal. Skype sudah jadi de facto standard bagi kegiatan VoIP, mungkin minus dominasi Cisco dan Adobe di kelas enterprise. Skype pun tak tampak merugi, tidakkah salah besar bagi eBay untuk melepas golden egg ini?

Skype dibeli oleh eBay pada tahun 2005 seharga 4.1 milyar dolar. Sejak dibeli, Skype belum mendapat peran penting dalam ekosistem eBay. Jangan kira membeli startup potensial itu berarti membeli segel sukses. Punya aset potensial belum jadi jaminan sumber uang. Lihat Feedburner, dan Jaiku yang sampai kini belum tampak wujud barunya.

Skype dilepas eBay karena menahannya lebih lama tidak akan memberikan banyak keuntungan. Daripada menjadi beban biaya, dan tak punya rencana jangka panjang, eBay memilih membuang masalah Skype ke pemilik baru. Sesuai dengan golden rule of business:

If you’ve got a problem, make it someone else’s problem

Saya lebih banyak melihat contoh long term plan di dua cerita di atas. Yang pertama adalah mengamankan sumber pendapatan di masa depan, dan yang kedua adalah mengamankan kondisi finansial masa depan. Bisa jadi suatu saat Disney akan melepas Marvel karena mungkin saja susah dimonetisasi. Dua produk yang tampak inline belum tentu jadi killer combination sewaktu digabung. Seperti eBay, do what make sense and cash out while you can.

Bagaimana dugaan Anda? Apakah Disney membeli Marvel dalam rangka mengkontrol Hollywood? Apakah eBay sedang BU alias butuh uang sehingga menjual Skype?

Comments are closed.