URL Shortening: Fitur Standar Baru?

URL Shortening: Fitur Standar Baru?

urlshortening

Struktur URL pada awalnya lebih terdikte dari extension file yang digunakan, selain itu juga merupakan struktur atau tatanan situs itu sendiri. Lambat laun, URL bisa dimodifikasi sehingga lebih ramah untuk dibaca, selain juga karena alasan SEO.

Setelah maraknya social media, pengguna lebih banyak berbagi artikel dan link. Yang paling berperan dalam kasus ini adalah Twitter, karena adanya batasan 140 karakter yang membuat URL panjang tidak lagi memungkinkan untuk digunakan. Maka tumbuhlah layanan URL shortening yang dipelopori oleh TinyURL.

Karena kepopuleran Twitter semakin meningkat dan Twitter sendiri masih belum ada tanda-tanda untuk mengakomodasi fitur ini secara standar, maka muncul ratusan layanan URL shortening baru, bahkan ada buatan lokal juga. Bila dilihat dari sisi business model, maka mereka tidak akan melangkah lebih jauh dari Google AdSense. Tapi beberapa mulai menawarkan layanan lain yang berkaitan, seperti ow.ly dengan Hootsuite-nya.

Untuk membuat layanan URL shortening sebenernya tidak terlalu susah, setidaknya bagi orang dengan latar belakang yang pas. Mungkin cari nama domain bisa lebih susah. Selain fitur dasar tersebut, ada beberapa fitur lain yang biasanya disajikan bersamaan. Yang paling umum adalah tracking & statistics, atau custom URL.

Karena persaingan yang begitu ketat dan belum ada business model yang pas, apakah masih ada ruang bagi pemain baru? Tampaknya mereka masih saja mencoba, seperti Br.st yang muncul tidak lama setelah Tr.im mengumumkan gulung tikar. Apa strateginya? Saya rasa hanya sekedar cari nama.

Bila memang tidak ada ruang, dan Twitter jadi semakin populer (Thanks to Oprah!), bukankah saatnya URL shortening jadi fitur standar? Setidaknya untuk situs besar seperti NYTimes sudah mengadopsi ini, atau Kaskus yang telah mendukung shortlink dengan pertimbangan kepopuleran Twitter.

Bagaimana dengan para blogger? Yes, anda bisa buat sendiri dari beberapa solusi open source yang ada.

Beberapa referensi tentang URL Shortening:

Comments are closed.