Berapa sih Harga Rainmaker?

Berapa sih Harga Rainmaker?

rainmaker

Dulu kita pernah berbicara tentang rainmaker dan bagaimana pengaruhnya pada tribe yang bernaung di bawahnya. Dulu, brand hanya diasosiasikan dengan produk dan korporasi, sekarang banyak orang yang punya personal brand. Dua hal ini jadi isu menarik di masa sekarang karena kecenderungan orang untuk lebih mendengarkan teman jadi lebih kentara dan terpupuk akibat munculnya social network.

Sebuah perusahaan menyewa jasa marketing agency, itu sudah lumrah. Sekarang perusahaan justru tertarik menyewa jasa rainmaker secara personal. Ini fenomena baru, baik bagi perusahaan maupun bagi rainmaker itu sendiri. Yang masih belum jelas adalah berapa sih ongkos untuk menyewa seorang rainmaker. Berapa sih seorang rainmaker harus menghargai influence-nya?

Berikut ini kita coba telusuri bersama apa yang bisa dijadikan tolak ukur dalam mengukur performa rainmaker.

Friends and Followers

Jumlah ini tidak selalu bisa dijadikan patokan tapi bisa dijadikan hal pertama yang dirujuk karena sangat kentara. Friends dan followers bisa dilihat lewat Facebook, Twitter, blog dan social network lain. Jika friends dan followers ini bisa disegmentasi berdasar kriteria tertentu (eg: age, industry, etc), semestinya bisa membantu formulasi nilai influence yang lebih akurat.

Social Activities

Friends dan followers boleh saja banyak, akan tetapi jika rainmaker tidak pernah melakukan social activity apalah gunanya. Social activities bisa dimonitor lewat technorati atau backtype dan google, walaupun tidak memiliki metode yang akurat dan efektif. Hal yang bisa di-track adalah jumlah konten yang diproduksi baik di tempat sendiri maupun di tempat-tempat lain (termasuk komentar, dan lain-lain)

Social Reactions

Social reactions menggambarkan bentuk influence rainmaker. Berapa orang yang terpengaruh dengan konten yang diproduksi rainmaker. Ini hal yang cukup susah karena belum banyak tool yang tersedia untuk mengukur valuenya. Beberapa yang bisa dipakai misalnya UberVU dan Radian6. UberVU bersifat gratis dan cukup informatif untuk menggambarkan buzz atas suatu keyword atau URL. Jika kita memakai pemendek URL seperti Bit.ly, kita bisa mendapatkan statistic berapa orang yang mengklik URL yang kita sebarkan. Kita juga bisa melihat bagaimana buzz yang diciptakan oleh rainmaker berkembang lewat socialcollider.

Anda punya ukuran lain yang bisa dipakai? Jika Anda adalah perwakilan sebuah perusahaan, bagaimana Anda akan menghitung biaya menyewa rainmaker? Value apa saja yang Anda harapkan?

Jika Anda rainmaker atau calon rainmaker, berapa angka yang akan Anda ajukan? Apa yang bisa Anda tawarkan?

Comments are closed.