Facebook lagi ADD

Facebook lagi ADD

facebooktwitter

Sebagai situs jejaring sosial terbesar, Facebook nampaknya sudah mulai merasakan syndrome yang kelak dihadapi para pendahulunya. Yaitu pengguna yang mulai bosan dengan layanan Facebook, yang dengan gampang berpaling dan meninggalkan Facebook.

Memang sebagian besar kepopuleran Facebook merupakan hype dan tren sesaat, dan beberapa merasa keberadaan Facebook tidak sesuai dengan ideologi mereka masing-masing, sehingga banyak yang mulai berpindah dan berpaling dari Facebook.

Facebook termasuk layanan yang cukup hebat dalam melakukan terobosan, mulai dari Facebook Apps sampai Facebook Connect. Semua itu bertujuan untuk mendapatkan perhatian kita, tetap beraktifitas di layanan Facebook, atau setidaknya tetap menyandang nama Facebook di situs-situs di luar Facebook.

Dalam beberapa bulan terakhir, Twitter mengalami pengingkatan yang sangat tajam. Berkat beberapa publikasi yang berkualitas, banyak pengguna baru yang berbondong ke Twitter. Mungkin saja hal ini dirasakan oleh Facebook sebagai ancaman, atau cuma sekedar indikasi atas tren yang sedang terjadi, yaitu microblogging secara lebih terbuka.

Lain dengan Facebook status sebelumnya yang cenderung terbuka untuk teman satu jaringan, kini Facebook mempunyai pilihan untuk lebih terbuka seperti Twitter. Beberapa langkah yang ditempuh juga sangat Twitter sekali, mulai dari tatanan sampai yang terakhir adalah penggunaan name tag ‘@replies’ untuk memberi balasan.

Masih belum puas akan hal itu, Facebook juga meluncurkan versi Lite bagi yang masih terhalang oleh batasan internet yang lambat. Ini sangat penting untuk negara berkembang seperti Indonesia, mengingat jalur internet masih sempit dan sering berdesakan. Facebook Lite diharapkan bisa menyumbangkan pengguna baru, sekaligus lebih ramah bagi beberapa orang yang ingin tampilan lebih sederhana.

Pengguna Mac juga tidak dilewatkan begitu saja, kini telah diluncurkan Facebook Notification untuk Mac. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi kita untuk melewatkan update terbaru dari teman-teman kita.

Hebat! Kapan kerjaan ini selesai?! Saya rasa pass saja untuk yang satu ini.

Dari sederet update terbaru dari Facebook akhir-akhir ini, terlihat bahwa Facebook benar-benar ingin menarik perhatianmu terus menerus. Facebook tidak ingin kau tinggalkan, apalagi demi Twitter. Facebook lagi ADD, alias Attention Deficit Disorder.

Comments are closed.