Yes, We Made Mistakes Too!

Yes, We Made Mistakes Too!

1yearmistakes

Satu tahun kemudian, kita mulai merasakan suka duka menjalankan suatu blog. Berhubung kita juga masih baru dan belajar itu tidak ada habisnya, maka tidak ada salahnya berbagi beberapa kesalahan yang pernah kita lakukan.

Magazine Layout is Not for Daily Blog

Seperti yang kita bahas sebelumnya, magazine layout bukanlah strategi yang tepat untuk menyajikan artikel NavinoT. Selain kebiasaan pembaca yang sulit diubah, frekuensi penerbitan NavinoT masih belum mampu memenuhi halaman depan.

Berhubung blog adalah tentang pembaca dan informasi, maka penyampaian informasi sangatlah penting, termasuk dalam hal memilih theme dan penyajian artikel.

Building a Custom WordPress Theme

Sebenarnya ini bukan merupakan suatu kesalahan, tapi lebih tepat bila disebut sebagai salah perkiraan waktu dalam membuat satu theme. Saya sendiri bertindak sebagai designer, dan Toni bertindak sebagai coder.

Berhubung masing-masing punya pekerjaan tetap sendiri, maka dari perkiraan satu minggu yang dibutuhkan jadi meleset jauh. Tapi dari hasil yang diperoleh, kita sangat puas dan tidak akan takut untuk membuat theme baru lagi.

Running a Contest Takes Effortssssss

Siapa yang tidak suka dengan hadiah utama sebuah netbook HP? Setidaknya itu adalah iming-iming termasuk apresiasi terhadap pembaca setia NavinoT lewat kontes yang diselenggarakan bersama dengan Bhinneka.

Tapi nyatanya, untuk menjalankan kontes butuh waktu yang cukup lama. Mulai dari rancangan mekanisme kontes, negosiasi dengan sponsor, menghubungi media relasi, penerbitan artikel, pengumuman pemenang, sampai pengiriman hadiah. Saking ribetnya, mungkin bisa ditulis sebagai satu artikel. Tunggu saja. 🙂

One Post Per Day

Menurut hasilnya, kita termasuk sukses. Saya rasa tidak ada hari yang terlewat, kecuali tanggal merah. Untuk menerbitan satu artikel per hari, bukanlah hal gampang, meskipun dilakukan berdua secara bergantian.

Tapi kita melihat ini sebagai suatu tantangan, bukan beban. Maka tiap hari kita tertantang untuk menyajikan artikel berkualitas yang selalu up-to-date. Kita belum menyerah dan akan maju terus, tentunya dengan bantuan beberapa kontributor baru.

T-Shirt is a Totally Different Medium

Desain t-shirt? Siapa yang tidak bisa sih? Setidaknya itulah awal perkiraan kita saya. 🙁

Ternyata anggapan itu salah besar! Untuk desain t-shirt, ada batasan ruang, warna, dan bahan. Semuanya akan berpengaruh terhadap harga dan akhirnya mempengaruhi anggaran. Proses dan waktu yang diperkirakan juga jadi membengkak, akhirnya proses cetak dan pengiriman jadi terlambat.

Disamping beberapa kesalahan di atas, juga ada beberapa hal yang masih menjadi pertimbangan.

Speaking of BIG

Bila berbicara tentang trafik atau user base, NavinoT itu besar, tapi juga tidak terlalu besar. Dari target 1000 RSS subscriber di tahun pertama, kita hanya bisa mencapai kurang dari 650.

Intinya, masih saja tertinggal bila dibanding Cosa Aranda atau Joko Susilo. 🙂 Tapi kita masih bersaing dan belum tumbang. Kita pasti berupaya untuk tumbuh lebih besar, terus menerus.

Money Challenge

Tidak, kita memang tidak berangkat dengan tujuan mencari uang. Bahkan Toni juga beranggapan bahwa membicarakan uang terlalu awal bisa merusak semangat. Untungnya kita punya passion, untuk terus menulis. Hasilnya juga lumayan dan lebih awet bertahan.

Masalah monetization, akan kita pertimbangkan lebih lanjut. Bukan karena uang sudah menjadi pertimbangan, tapi kita berusaha menunjukan bahwa blog lokal juga bisa menghasilkan.

Niche is Something, but Not Everything.

Dari awal kita sudah memilih satu topik niche, yaitu marketing di industry teknologi. Sudah pasti topik ini mempunyai pasar, tapi kita tidak tahu sebesar apa.

Dari sisi kualitas, memang sudah bagus. Namun kadang malah dianggap berat oleh beberapa orang. Oleh karena itu kita sedang berupaya untuk mencari jalan keluar demi memperkuat user base kita.

Begitulah kiranya suka duka yang diperoleh dalam satu tahun. Beberapa kesalahan sekaligus juga beberapa pertimbangan ke depan. Bila ada kritik dan saran, silahkan saja berkomentar.

Sebelum basi, kita dari pihak NavinoT ingin mengucapkan banyak terima kasih atas ucapan selamat di pengumuman sebelumnya. Berkat kalian, tanpa duit juga tidak masalah. 🙂

Comments are closed.